Penjelasan PLN Terkait Produk Penghemat Listrik

Penjelasan PLN Terkait Produk Penghemat Listrik

Alat penghemat listrik, Sabtu (24/11)

(jw/csp)

Sabtu, 24 November 2018 | 16:52

Analisadaily (Medan) – Humas PT PLN Wilayah Sumatera Utara, Rudi Artono mengatakan, PLN melalui Pusat Penelitian dan Pengembangan Ketenagalistrikan telah melakukan penelitian terkait alat penghemat listrik, yang dikabarkan dapat mengurangi tagihan setiap bulan.

“Faktanya alat yang beredar di pasar khusus alat elektronik dan toko daring (online) sama sekali tidak dapat menghemat penggunaan listrik," kata Rudi Artono, Sabtu (24/11).

Kementrian ESDM, yang sudah menguji bersama PLN Puslitbang terkait penggunaan Kartu Hemat Energi, tidak pernah mempromosikan atau mengajak masyarakat menggunakan alat penghemat pembayaran rekening listrik atau token/stroom listrik.

"Energi Saver ini tidak menurunkan rekening listrik, justru kalau penggunaan tanpa perhitungan, maka akan menimbulkan pemborosan, juga menimbulkan harmonik, gelombang yang tidak bagus, yang bisa merusak alat listrik lainnya," jelas Rudi.

Hasil uji Electric Power and Energy Studies (EPES) Departemen Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Indonesia memaparkan, dengan menggunakan Kartu Hemat Energi, yaitu tegangan, arus dan komparasi penggunaan energi, baik mengunakan Kartu Hemat Energi maupun tidak menggunakan kartu menunjukkan tidak adanya perbedaan sama sekali.

"Alat hemat listrik berupa komponen, ternyata berupa kapasitor dan hanya berfungsi utk koreksi/memperbaiki faktor daya, bukan menghemat pemakaian listrik," ungkap Rudi.

PLN menghimbau kepada konsumen agar bijak dan hati-hati atas klaim alat-alat penghemat listrik tersebut. Karena penghematan listrik bisa dilakukan atas upaya konsumen sendiri.

"Jika peralatan elektronik yang digunakan tidak diperlukan, akan lebih baik jika segera dinonaktifkan dan juga senantiasa memantau instalasi listrik di rumah anda," himbau Rudi.

PLN juga menghimbau agar konsumen melaporkan jika terjadi kejanggalan pada kWh Meter milik PLN dengan melapor ke Contact Center PLN 123.

Alat penghemat listrik, Sabtu (24/11)

Alat penghemat listrik, Sabtu (24/11)

(jw/csp)

Berita Terkait :

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar