Pengumuman KPU Berdampak Terhadap Penguatan IHSG

Pengumuman KPU Berdampak Terhadap Penguatan IHSG

Ilustrasi (Pixabay)
 

(rel/rzd)

Selasa, 21 Mei 2019 | 16:43

Analisadaily (Medan) - Perdagangan saham hari ini, Selasa (21/5), kembali berada di teritori positif. IHSG ditutup menguat 44 poin atau naik 0,749% di level 5.951. Level tertinggi IHSG berada di level 5.996 dan terendah berada di level 5.925.

Analis Pasar Modal, Gunawan Benjamin mengatakan, penguatan IHSG ditopang oleh penguatan di berbagai sektor saham, terutama sektor properti yang naik 1%, manufaktur yang menguat 0,8%, konsumer 0,7%, keuangan dan tambang masing-masing 0,5%.

“Pelaku pasar keuangan sepertinya merespon positif hasil pemilihan Presiden RI periode 2019-2024,” kata Gunawan.

Dijelaskannya, sejauh ini kemenangan tampak pada Calon Presiden Jokowi dan Wakil Presiden Ma’ruf Amin. Kemenangan Capres dan Cawapres 01 ini diyakini memberikan dampak yang positif bagi Indonesia ke depannya.

“Sementara itu, calon Presiden Probowo Subianto dan Cawapres Sandiaga Uno mengajukan gugatan Pilpres ke Mahkamah Konstitusi. Saya kira ini sah-sah saja dilakukan, yang terpenting keputusan KPU nantinya tidak diwarnai aksi kekisruhan,” jelasnya.

“Saya kira jika situasi politik dan keamanan negara terjaga dengan baik, IHSG akan melanjutkan penguatannya, namun jika keputusan KPU nantinya direspon kekisruhan, maka IHSG juga akan terseret arus pelemahan. Karena situasi keamanan pasca Pemilu juga menjadi sorotan dan pertimbangan bagi investor,” tambahnya.

Namun demikian tekanan eksternal masih terus diwaspadai karena pasalnya perang dagang AS dan Cina masih terus bergejolak. Hal ini diperkeruh oleh situasi teknologi Huawei yang mencoba melawan Trump.

Sementara itu, Indeks saham global bergerak campuran. Bursa Wall Street turun, sementara bursa Asia berada di 2 arah. Indeks Hangseng turun 0.469%, STI turun 0,767%, Shanghai naik 1,23%, bursa Thailand naik 0,2% dan Philipina naik 0,8%.

(rel/rzd)

Berita Terkait :

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar