Penghitungan Suara Ulang di Humbasan Berjalan Lancar

Penghitungan Suara Ulang di Humbasan Berjalan Lancar

Proses perhitungan suara ulang di Humbang Hasundutan, Kamis (22/8)

(jw/csp)

Kamis, 22 Agustus 2019 | 16:22

Analisadaily (Humbahas) - Komisi Pemilihan Umum Provinsi Sumatera Utara mengaku, proses perhitungan suara ulang oleh Panitia Pemilihan Kecamatan Dolok Sanggul, Kabupaten Humbang Hasudutan, pasca putusan Mahkamah Konstitusi (MK) berjalan aman dan lancar.

"Alhamdulilah, seluruhnya berjalan aman dan lancar," kata Ketua KPU Sumut, Herdensi Adnin, Kamis (22/8).

Pelaksanaan PSU sejak 19 -21 Agustus 2019 dimulai dengan mengumpulkan seluruh petugas KPPS dari 160 TPS yang dipimpin PPK Dolok Sanggul untuk melakukan perhitungan suara ulang dengan cara membuka kotak surat suara.

"Dari 160 TPS itu seluruh plano kembali dibaca dan dihitung ulang yang disaksikan KPU Humbas, KPU RI, KPU Sumut, Bawaslu Sumut dan Bawaslu Humbahas serta para saksi Parpol. Untuk menghitungnya dibuat 2 Panel dengan membuka DA 1," jelasnya.

Herdensi melanjutkan, usai perhitungaan suara di tingkat PPK Dolok Sanggul, dilanjutkan di tingkat KPU Humbang Hasudutan, Rabu (21/8), dengan membuka DB 1 yang juga akan disaksikan Bawaslu dan saksi Parpol.

"Selanjutnya dilakukan perhitungan suara di tingkat provinsi di KPU Sumut dan hasilnya akan dilaporkan pada KPU RI di Jakarta," tuturnya.

Menurut Herdensi, setelah semua data dihimpun makan akan dihitung pada Sabtu (24/8) mendatang. "Rencananya Sabtu ini akan kita lakukan perhitungan suara di KPU Sumut," tambahnya. 

(jw/csp)

Berita Terkait :

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar