Pengelolaan Pasar Pringgan Berstatus Stanvas

Pengelolaan Pasar Pringgan Berstatus Stanvas

Dialog pedagang Pasar Pringgan dengan Pemko Medan.

(aa/rzp)

Senin, 16 April 2018 | 20:20

Analisadaily (Medan) - Upaya para pedagang Pasar Pringgan melakukan orasi satu harian penuh di depan Balai Kota, Jalan Kapten Maulana Lubis, Medan, Senin (16/4), akhirnya berbuah manis.

Pemerintah Kota (Pemko) Medan akhirnya memutuskan untuk menjadikan pengelolaan pasar tradisional itu stanvas, dari pihak swasta (PT. Parbens) selama sepekan.

Hal itu tetapkan setelah perwakilan pedagang melakukan dialog dengan pihak Pemko Medan, yang diterima langsung oleh Sekda Syaiful Bahri, Dirut PD Pasar Rusdi Sinuraya, dan pejabat Pemko Medan lainnya.

Meski tidak sepenuhnya tuntutan dipenuhi, para pedagang tetap akan memperkarakan pengelolaan pasar yang terletak di Jalan Iskandar Muda/D.I. Panjaitan itu.

"Kami tetap menolak dikelola swasta. Bagaimana pun tidak ada Perda yang mengatur pasar tradisional itu dapat dikelola oleh pihak ketiga. Kami ingin pengelolaannya pihak Pemko Medan melalui PD Pasar," kata kuasa hukum pedagang, Hans Silalahi.

"Karena Pemko sudah dari awal salah, kami akan bawakan hal ini ke pihak berwenang, baik kepolisian, kejaksaan, Ombudsman, hingga KPK. Dalam waktu dekat ini kami akan tuntut," tegasnya.

Selain menjadi stanvas, tuntutan pedagang agar para pedagang kaki lima (PKL) di sekitar Pasar Pringgan ditertibkan, juga disetujui oleh Pemko.

"Stanvas itu berlaku malam ini sampai sepekan ke depan. Penertiban akan dilakukan oleh pihak Satpol PP," tutupnya.

Sebagaimana diketahui, Pasar Pringgan sempat dikelola oleh pihak swasta selama dua dekade lebih (PT. Triwira Loka Jaya), dan tidak diperpanjang oleh pihak Pemko Medan.

Pada September 2017 lalu, pengelolaan Pasar Pringgan diambil alih Pemko melalui PD Pasar. Namun Januari 2018 keluar surat keterangan yang diteken oleh Sekda pasar tersebut dikelola PT Parbens, yang baru terealisasi pada awal April 2018 ini.

(aa/rzp)

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar