Pencanangan Baksos TNI Manunggal KB di Tapanuli Utara

Pencanangan Baksos TNI Manunggal KB di Tapanuli Utara

Kepala Bidang KS/PK BKKBN Sumut, Lucy Destriati, pada kegiatan Pencanangan Baksos TNI Manunggal KB Kesehatan, sekaligus Peringatan Hari Keluarga ke XXV Tingkat Kabupaten Tapanuli Utara di Lapangan Tenis RS Tarutung, Jumat (7/9)

(eal/csp)

Jumat, 7 September 2018 | 18:31

Analisadaily (Tapanuli Utara) - Senam sehat keluarga yang diikuti ratusan peserta mengawali kegiatan Pencanangan Baksos TNI Manunggal KB Kesehatan, sekaligus Peringatan Hari Keluarga ke XXV Tingkat Kabupaten Tapanuli Utara di Lapangan Tenis RS Tarutung, Jumat (7/9).

Kegiatan yang mengangkat tema ‘Dengan Semangat Gotong Royong dan Sinergi, kita jadikan Kampung KB sebagai Poros Keluarga Berkualitas’ ini diisi beragam kegiatan, termasuk senam sehat keluarga, dan Lucky Draw.

Asisten Pemerintahan dan Kesra Pemkab Tapanuli Utara, Parsaoran Hutagalung mengungkapkan, berdasarkan data BPS Tahun 2017 jumlah penduduk di Tapanuli Utara sebanyak 297.806 jiwa.

"Kondisi ini harus menjadi perhatian bersama karena angka kelahiran di Taput masih tinggi di atas angka nasional. Kegiatan ini dimaksudkan untuk peningkatan akses pelayanan KB hingga di daerah terpencil, terbatas dan tertinggal", kata Parsaoran, mewakili Bupati Taput.

Lebih lanjut, Parsaoran menyampaikan pesan Bupati Tapanuli Utara, seluruh petugas lapangan KB beserta bidan desa diwajibkan memberi pelayanan berkualitas. Keberhasilan Program KB dan kesehatan ini diharapkan dapat mendukung tercapainya visi misi Tapanuli Utara.

Kepala Bidang KS/PK, Lucy Destriati mengungkapkan, BKKBN Sumut sangat mengapresiasi dan memberikan penghargaan setinggi-tingginya atas komitmen Bupati Tapanuli dan dukungan yang luar biasa dari Kodim 0210/TU dalam setiap Program KKBPK, sehingga Program KKBPK di Taput berjalan dengan baik.

Tantangan Program KKBPK ke depan semakin besar, untuk itu sangat diperlukan dukungan dan komitmen dari seluruh mitra kerja dan stakeholder.

“Berbagai Program Pemberdayaan Masyarakat saat ini fokus dilakukan oleh BKKBN, melalui Program Kampung KB diharapkan dapat menjadi Poros menghasilkan keluarga berkualitas dan sejahtera" jelas Lucy, mewakili Kepala BKKBN Sumatera Utara.

Pelaksanaan Program KB di Indonesia pada tahun 1980-1990-an pernah mengalami kejayaan, di mana Indonesia dijadikan sebagai pusat belajar negara-negara di dunia dalam pelaksanaan Program KB.

Pemukulan gong dalam kegiatan Pencanangan Baksos TNI Manunggal KB Kesehatan, sekaligus Peringatan Hari Keluarga ke XXV Tingkat Kabupaten Tapanuli Utara di Lapangan Tenis RS Tarutung, Jumat (7/9)

Pemukulan gong dalam kegiatan Pencanangan Baksos TNI Manunggal KB Kesehatan, sekaligus Peringatan Hari Keluarga ke XXV Tingkat Kabupaten Tapanuli Utara di Lapangan Tenis RS Tarutung, Jumat (7/9)

Hal senada diungkapkan Kasdim 0210/TU, Mayor ARH. Kelles Sinaga. Menurutnya, Program KB sangat berhubungan dengan Program Kesehatan dan kesejahteraan masyarakat.

Kegagalan program ini dapat berdampak terhadap ketahanan nasional, akibat tingginya laju pertumbuhan penduduk yang tidak diimbangi dengan tingkat kesejahteraan.

Untuk itu, sambungnya, TNI menjadi garda terdepan dalam mendukung pelaksanaan Program KB dan Kesehatan, agar cita-cita bangsa mewujudkan masyarakat yang adil, makmur dan sejahtera daoat terwujud.

“Seluruh jajaran TNI hingga Babinsa siap mensosialisasikan dan mengedukasi masyrakat dalam pelaksanaan Program KKBPK," sebutnya, mewakili Dandim 0210/TU.

Penyerahan tiga unit kendaraan untuk operasional lapangan PLKB, Jumat (7/9)

Penyerahan tiga unit kendaraan untuk operasional lapangan PLKB, Jumat (7/9)

(eal/csp)

Berita Terkait :

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar