Pemprov Sumut Raih Penghargaan Smart City dari Telkom

Pemprov Sumut Raih Penghargaan Smart City dari Telkom

Gubernur Sumatera Utara, Tengku Erry Nuradi menerima penghargaan Smart City Nusantara dari PT Telkom Indonesia

(rzp/eal)

Jumat, 19 Agustus 2016 | 08:29

Analisadaily (Medan) - Pemerintah Provinsi Sumatera Utara termasuk ke dalam 71 pemerintah daerah yang berhasil mengimplementasikan kota berbasis smart city sehingga mendapat penghargaan 'Smart City Nusantara' dari PT Telkom Indonesia.

Penghargaan Smart City Nusantara merupakan bentuk apresiasi dari Telkom Indonesia dalam menyambut HUT RI ke-71 atas inisiatif pemerintah daerah dalam implementasi smart city.

Piagam penghargaan Smart City Nusantara diserahkan oleh Executive Vice President (EVP) Telkom Regional 1, Stanislaus Susatyo, mewakili Direktur Enterprise and Business Service Telkom kepada Gubernur Sumatera Utara, Tengku Erry Nuradi.

Acara tersebut diselenggarakan di panggung kehormatan di Jl Diponegoro, Medan, sesaat sebelum parade karnaval HUT Kemerdekaan RI yang ke-71, Rabu (17/8) kemarin.

Dalam acara penyerahan penghargaan tersebut, EVP Telkom Regional 1 didampingi oleh General Manager Witel Medan, Mohammad Syibli.

Sebagian besar infrastruktur di-support oleh Telkom berupa astinet, sistem penanggulangan gawat darurat terpadu (SPGT). Telkom Regional juga sudah memberikan bebeapa kali pemaparan sebelumnya sebagai bentuk edukasi kepada jajaran Pemprovsu untuk mengimplementasikan Smart Province pada tahun 2016.

Executive Vice President (EVP), Stanislaus Susatyo, Jumat (19)/8) menyatakan, di samping piagam, Telkom juga mempersembahkan penghargaan berupa penyediaan empat layanan dalam bentuk penyediaan ICT kepada masyarakat di area publik Pemerintahan Daerah setempat.

Keempat layanan tersebut adalah:

1. Layanan Wifi-ID Managed Service sebanyak 10 Access Point.

2. Layanan Pustaka Digital (lisensi sebanyak 1000 judul buku).

3. Layanan U-Data Social Media Analytic.

4. Layanan Q Baca CUG (Smart City Nusantara Community).

"Smart City Nusantara merupakan penggunaan teknologi informasi dan komunikasi dalam pembangunan dan pengelolaan sebuah kota atau daerah dengan tujuan meningkatkan kemampuan kerja dan kinerja pemerintah," kata Stanislaus.

Dijelaskannya, penerapan konsep smart city dimaksudkan agar pemerintah mampu memberikan pelayanan berkelanjutan, efektif serta dapat meningkatkan kenyamanan dan keamanan kehidupan masyarakat dan mengutamakan kearifan lokal.

"Penghargaan yang diserahkan kali ini merupakan wujud nyata Telkom untuk turut serta meningkatkan kinerja pemuda melalui implementasi Smart City Nusantara (SNC). Dimana, penerapan SNC juga diharapkan dapat membantu percepatan kemajuan daerah serta terciptanya pembangunan provinsi/kota/kabupaten yang berkelanjutan dari sisi ekonomi, sosial, dan lingkungan," jelasnya.

Pada hari yang sama, penghargaan Smart City Nusantara juga diberikan dan diimplementasikan di berbagai daerah Provinsi Sumatera yang terdiri dari Provinsi Sumatera Barat, Provinsi Riau Kepulauan, Pemkab. Tanjung Pinang dan Pemkab. Indragiri Hulu.

(rzp/eal)

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar