Pemko Pematangsiantar Ajak Buruh Ciptakan Kondusifitas Bagi Investor

Pemko Pematangsiantar Ajak Buruh Ciptakan Kondusifitas Bagi Investor
Kadis Ketenagakerjaan, Poltak Manurung mengikuti perayaan May Day di GOR Pematangsiantar, Senin siang (1/5) 
(fhs/csp)

Senin, 1 Mei 2017 | 17:31

Analisadaily (Pematangsiantar) - Perayaan Hari Buruh yang diselenggarakan Serikat Buruh Solidaritas Indonesia di Gelanggang Olahraga, Jalan Merdeka berlangsung meriah, Senin (1/5).

Pada peringatan May Day tersebut, dihadiri Wakil Walikota, Hefriansyah, SE, MM yang diwakili Kadis Ketenagakerjaan, Poltak Manurung SE dan Kapolres Pematangsiantar, AKBP Dodi Darjanto, MTTA.

Lewat perwakilannya, Hefriansyah menyampaikan, mendukung sepenuhnya perayaan Hari Buruh dan mengajak seluruh buruh untuk turut menciptakan suasana kondusif agar investor yang datang nyaman ketika membuka usaha sekaligus membuka lapangan kerja.

“Perayaan Hari Buruh merupakan perjuangan panjang serikat buruh atau serikat pekerja. Meski di sana sini masih ada kekurangan, tetapi pemerintah terus berupaya memperhatikan perbaikan kesejahteraan buruh melalui revisi berbagai regulasi,” ujar Poltak, Senin (1/5).

Dengan adanya regulasi pengusaha tak boleh bertindak sesuka hati membuat jam kerja atau memberi upah karena harus ikut aturan pemerintah. Serikat buruh juga harus memberi manfaat kepada anggota dalam rangka perbaikan kinerja dan kesejahteraan.

Mulai Januari 2017 upah buruh Pematangsiantar minimal Rp.1.963.000 per bulan. Berbagai aspirasi buruh akan terus dibahas di tingkat pusat namun tetap mempertimbangkan kemampuan perusahaan. "Pihak pengusaha dan buruh harus duduk bersama sehingga semua persoalan bisa terselesaikan. Jika terkendala, kami siap membantu," katanya.

Acara juga diisi Sosialisasi Program JKN-KIS yang disampaikan Pimpinan BPJS Kesehatan Cabang Pematangaiantar serta pemberian kartu BPJS Ketenagakerjaan kepada puluhan Juru Parkir.

Ketua Panitia, Rindu Marpaung menjelaskan, Hari Buruh kali ini hanya konvoi untuk menguatkan soliditas para buruh.

"Kita berkomitmen memperjuangkan penghapusan pekerja outsorcing termasuk di BUMN maupun Perusahaan Daerah. Kita juga siap membantu rekan-rekan tenaga honorer di instansi pemerintah dan persoalan di kota ini juga harus menjadi perhatian kita bersama," kata Rindu.

Kapolres Pematangsiantar, AKBP Dodi Darjanto, MTTA mengapresiasi kegiatan Hari Buruh yang digagas SBSI berlangsung aman, nyaman dan tertib.

"Kita berharap, kesejahteraan buruh semakin meningkat, dan sejumlah aspirasi yang telah disampaikan ke pemerintah bisa segera direalisasikan. Saya mengucapkan Selamat Hari Buruh," tutur AKBP Dodi Darjanto.

Ketua SBSI Solidaritas, Ramlan Sinaga, mengajak para buruh untuk senantiasa meningkatkan soliditas serta solidaritas. Buruh harus bersatu memperbaiki diri jika ingin kesejahteraan meningkat. Ramlan juga meminta agar pemerintah daerah memberikan perhatian serius terhadap peningkatan kesejahteraan buruh.

(fhs/csp)

Berita Terkait :

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar