Pemko Medan dan Baznas Salurkan Bantuan Kepada Korban Kebakaran

Pemko Medan dan Baznas Salurkan Bantuan Kepada Korban Kebakaran

Asisten Pemerintahan (Aspem) Setda Kota Medan, Musaddad Nasution, memberikan bantuan kepada korban kebakaran di Jalan S. Parman, Medan, Jumat (4/10)

(jw/eal)

Jumat, 4 Oktober 2019 | 20:14

Analisadaily (Medan) - Pemerintah Kota (Pemko) Medan bersama Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Sumatera Utara serta Baznas Kota Medan menyalurkan bantuan zakat dan infak kepada korban kebakaran di Jalan S. Parman, Gang Langgar, Kelurahan Petisah Hulu, Kecamatan Medan Baru, Jumat (4/10).

Penyaluran zakat dan infak tersebut diharapkan dapat membantu dan meringankan beban 67 Kepala Keluarga atau 385 jiwa yang menjadi korban kebakaran, Selasa (1/10) malam lalu.

Penyaluran zakat tersebut dilakukan oleh Asisten Pemerintahan (Aspem) Setda Kota Medan, Musaddad Nasution bersama Kabag Agama Kota Medan Adlan, Ketua Baznas Sumut Amansyah Nasution, Ketua Baznas Kota Medan Azwar dan Plt Lurah Petisah Hulu Elkana Tarigan.

Musaddad mengatakan peristiwa kebakaran yang terjadi Selasa (1/10) sekitar pukul 19.35 WIB menyebabkan 44 rumah warga hangus dilalap api.

Guna meringankan beban warga, Baznas Sumut memberikan bantuan sebesar Rp 1 juta kepada masing-masing KK pemilik rumah. Kemudian ditambah lagi bantuan sebesar Rp 700 ribu dari Baznas Kota Medan.

"Selain itu Baznas Kota Medan juga memberikan bantuan sebesar Rp 400 ribu kepada KK yang menjadi korban kebakaran namun tidak memiliki rumah, yakni sebanyak 23 KK. Bantuan diserahkan Ketua Baznas Sumut Amansyah Nasution dan Ketua Baznas Kota Medan Azwar yang diserahkan secara simbolis kepada 2 orang warga," kata Musaddad di lokasi kebakaran.

Musaddad menjelaskan bahwa bantuan yang disalurkan itu merupakan zakat dan infak dari para muzakki (orang yang diwajibkan membayar zakat atas harta yang dimiliki) umat Islam.

Aspem Setda Kota Medan, Musaddad Nasution, meninjau lokasi kebakaran di Jalan S. Parman, Medan

Aspem Setda Kota Medan, Musaddad Nasution, meninjau lokasi kebakaran di Jalan S. Parman, Medan

"Jumlah nominal zakat yang bisa dikumpulkan dari para muzakki itu masih jauh dari potensi yang ada, terutama para muzakki yang ada di Kota Medan," jelasnya.

Sementara itu Ketua Baznas Kota Medan, Azwar, mengucapkan rasa prihatin atas musibah kebakaran tersebut. Dia berpesan kepada warga agar tabah dan kuat menghadapi cobaan.

"InshaAllah, Baznas siap menyalurkan bantuan kepada warga yang menjadi korban kebakaran. Dengan bantuan ini semoga dapat meringankan beban para korban," harapnya.

(jw/eal)

Berita Terkait :

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar