Pemkab-Pemko Diimbau Dukung Program ‘Open Daily’ PRSU

Pemkab-Pemko Diimbau Dukung Program ‘Open Daily’ PRSU

Gubernur Sumatera Utara, T Erry Nuradi (kanan), dalam pembukaan PRSU 2017.

(jw/rzp)

Sabtu, 18 Maret 2017 | 10:19

Analisadaily (Medan) - Gubernur Sumatera Utara, T Erry Nuradi, mengimbau kepada Pemkab dan Pemko yang telah memiliki paviliun di area PRSU, untuk berperan aktif mendukung program open daily dengan penganggaran melalui APBD masing-masing.

"Pemprov akan mendukung melalui APBD provinsi, dengan persetujuan DPRD SU," kata Gubsu dalam pembukaan PRSU 2017, Jumat (17/3) malam.

Selain itu, Gubsu mengapresiasi penyelenggaraan Inotech Award yang dilaksanakan untuk kedua kali. Perlombaan inovasi teknologi memperebutkan piala Gubsu ini diikuti lebih dari 100 peserta dari perguruan tinggi dan SMK.

Salah satu karya peserta sudah diaplikasikan pada pelaksanaan PRSU kali ini, yaitu elektronik card sebagai pass masuk arena.

"Terima kasih panitia telah tunjukkan komitmen kuat dalam pengembangan inovasi tepat guna," ujarnya.

Ketua Yayasan PRSU, Nuzirwan Lubis mengatakan, pihaknya berupaya lebih maksimal dan menonjolkan kekayaan budaya sehingga PRSU dapat menjadi deskripsi miniatur Sumut. Dia menyebutkan, pada pelaksanaan tahun sebelumnya, PRSU dikunjungi oleh 180 ribu pengunjung.

"Diharapkan event PRSU menjadi sarana yang efektif bagi Pemkab dan Pemko untuk menyosialisasikan potensi sumber daya daerah," ungkapnya.

PRSU dimeriahkan dengan malam pementasan budaya daerah, karnaval kendaraan hias dari kantor Gubsu ke arena PRSU. Setiap hari digelar hiburan artis dari Kota Medan dan juga artis ibu kota.

PRSU diikuti peserta dari luar provinsi​, Jawa Timur dan entrepreneur muda dari Singapura dan Thailand. Selesai acara PRSU dapat buka paviliun sepanjang tahun. PRSU tahun 2017 diikuti 333 peserta, 33 kabupaten kota, 100 BUMD, 100 UKM dan 100 kuliner.

"Dibandingkan tahun lalu terjadi kenaikan peserta hingga 20 persen," sebut Nuzirwan.

Dalam kesempatan itu, Gubsu meresmikan paviliun baru milik Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas).

Bupati Humbahas berharap melalui keberadaan paviliun daerahnya bisa semakin dikenal dan dikunjungi wisatawan mancanegara. Dalam kesempatan itu juga ditampilkan fragmen kolosal bertajuk Pahlawan Nasional Sisingamangaraja XII yang disutradai Thomson HS.

(jw/rzp)

Berita Terkait :

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar