Pemilik Usaha Mi Berformalin Ditetapkan Sebagai Tersangka

Pemilik Usaha Mi Berformalin Ditetapkan Sebagai Tersangka

Rumah milik tersangka.

(jw/rzp)

Rabu, 15 Maret 2017 | 20:17

Analisadaily (Medan) - Balai Besar Pengawasan Obat dan Makanan (BBPOM) Medan menetapkan pemilik usaha mi kuning berformalin yang berada di Jalan KL Yos Sudarso, Km 7,2, Komplek Perumahan Mulia Indah, Lingkungan 7, Kelurahan Tanjung Mulia, Kecamatan Medan Deli sebagai tersangka.

"Inisialnya A selaku pemilik usaha dan sudah ditetapkan sebagai tersangka," kata Kepala Penyidikan BBPOM Medan, Ramses Doloksaribu, Rabu (15/3).

Ramses menjelaskan, penetapan status tersangka terhadap A dikarenakan berdasar hasil pemeriksaan. A terbukti mencampur bahan berbahaya kedalam mi kuning tersebut.

"Tempat usahanya tidak ditutup, namun yang bersangkutan diwajibkan untuk memberi pernyataan agar tidak lagi mengulangi perbuatan," jelasnya.

Sebelumnya BBPOM Medan telah melakukan pengujian sampel terhadap mi kuning tersebut di laboratorium. Hal ini dilakukan untuk menguji bahan berbahaya yang terkandung di dalamnya.

"Jadi hasil sampel-nya positif mi kuning mengandung formalin," tuturnya.

Untuk pasal yang dikenakan, Ramses menuturkan pelaku dijerat dengan pasal mengenai undang-undang Pangan No 18 Tahun 2012 tentang Industri Pangan yang mengandung bahan berbahaya.

"Untuk ancamannya lima tahun penjara serta denda Rp 1 miliar," pungkasnya.

Sebelumnya BBPOM Medan, menggerebek sebuah industri rumahan mi kuning. Dalam penggerebekan itu, disita sebanyak 500 kilogram mi kuning berformalin.

Pelaku berinisial A mengaku sudah memproduksi mi tersebut selama 2 tahun terakhir. Mi yang sudah diolahnya itu telah dipasarkan di sejumlah pasar di Kota Medan.

(jw/rzp)

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar