Pemerintah Diminta Perhatikan Anak-anak dan Disabilitas

Pemerintah Diminta Perhatikan Anak-anak dan Disabilitas

Senior Program Officer Pusat Kajian dan Perlindungan Anak (PKPA), Misran Lubis, Senin (11/12)

(aa/csp)

Senin, 11 Desember 2017 | 21:14

Analisadaily (Medan) - Senior Program Officer Pusat Kajian dan Perlindungan Anak (PKPA), Misran Lubis mengatakan, memaknai Hari Hak Asasi Manusia (HAM), pemerintah diharapkan lebih memfokuskan pembangunan kota yang ramah untuk anak-anak dan penyandang disabilitas.

"Bagaimana pun juga anak-anak dan disabilitas merupakan bagian dari sebuah kota, sehingga pembangunan infrastruktur juga harus memperhatikan hak mereka dalam memaknai hari HAM ini," kata Misran, di Medan, Senin (11/12).

"Oleh karena itu, dalam memaknai Hari HAM tahun ini, diharapkan pemerintah fokus atau memproritaskan pembangunan kota yang ramah untuk kelompok rentan tersebut," harapnya.

Misran juga menjesalkan, berdasarkan data gabungan dari lembaga-lembaga perlindungan anak di Sumut, tahun 2016 korban kekerasan terhadap anak berjumlah 144 anak, yang mana lebih dari 60 persennya adalah kasus kekerasan seksual.

"Dan berdasarkan data PKPA, jumlah korban kekerasan terhadap anak sampai dengan bulan November 2017 yang kami ditangani sebanyak 33 anak. Sehingga tingkat kekerasan terhadap anak di Sumut di tahun 2017 ini diperkirakan masih akan tinggi," tandasnya.

(aa/csp)

Berita Terkait :

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar