Pembersihan Sungai Babura, Walikota Medan: Mari Kita Rawat

Pembersihan Sungai Babura, Walikota Medan: Mari Kita Rawat

Walikota Medan, Dzulmi Eldin dan Wakil Walikota Medan, Akhyar Nasution saat bersama warga di sekitar Sungai Babura, Medan, Minggu (2/6)

(rel/csp)

Minggu, 2 Juni 2019 | 12:50

Analisadaily (Medan) - Pasca pengerukan dan pembersihan Sungai Babura di Jalan Patimura Gg Mandailing, Kelurahan Darat, Kecamatan Medan Baru, kini tidak lagi banjir. Sebelumnya, setiap hujan deras, sungai ini sering meluap karena tak mampu menampung debit air.

“Terima kasih, Pak Wali Kota, berkat pembersihan dan pengerukan Sungai Babura, alhamdulillah kawasan tempat tinggal kami tidak banjir lagi,” kata Pengurus Mushala, Amru (48) yang tinggal di daerah itu.

“Walaupun hujan deras datang, kami sudah tidak cemas dan was-was lagi. Sepanjang bulan puasa ini, hujan deras rutin turun, namun kawasan kami tidak digenangi air lagi,” sambungnya.

Walikota Medan, Dzulmi Eldin mengatakan, Insya Allah, ke depan akan dilakukan pembenahan di lokasi ini. Dengan harapan wilayah ini bisa memiliki wajah baru yang lebih baik. Dengan demikian, jika kondisi lingkungan lebih bersih tentunya  masyarakat hidup lebih sehat dan terhindar dari penyakit.

“Mari kita rawat dan jaga bersama Kota Medan dari segala perilaku buruk yang dapat mengakibatkan pencemaran lingkungan dan rusaknya estetika kota, termasuk pendangkalan sungai akibat buang sampah sembarangan,” ujar Eldin saat melakukan kunjungan, Sabtu (1/6).

Pengorekan dan pembersihan Sungai Babura yang melibatkanpetugas Dinas Pekerjaan Umum Kota Medan, Badan Wilayah Sungai (BWS) Sumatera II, Dinas Kebersihan dan Pertamanan, Petugas Penanganan Prasarana dan Sarana Umum (P3SU).

Juga dari unsur dari tiga kecamatan yang dilintasi Sungai Babura, di antaranya Kecamatan Medan Baru, Medan Polonia dan Medan Petisah serta personel TNI.

“Saya optimis, jika semua warga peduli pada kebersihan lingkungan, terutama sungai dengan tidak membuang sampah ke dalamnya, kondisi ini dapat dipertahankan. Saya mengimbau, seluruh warga Kota Medan jangan lagi membuang sampah ke sungai,’’ harapnya.

Hadir dalam kunjungan itu, yakni Wakil Walikota Medan, Akhyar Nasution, Sekda Kota Medan, Ir Wiriya Alrahman, Kapolrestabes Medan, Kombes Pol Dadang Hartanto dan Dandim 0201/BS Kol Inf Yuda Rismansyah.

(rel/csp)

Berita Terkait :

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar