Pelindo 1 Siapkan Berbagai Fasilitas Sambut Lebaran

Pelindo 1 Siapkan Berbagai Fasilitas Sambut Lebaran

Pelabuhan Belawan

(jw/eal)

Rabu, 6 Juni 2018 | 15:44

Analisadaily (Medan) - Pelindo 1 menyiapkan beberapa fasilitas pelabuhan guna mengantisipasi lonjakan penumpang dan barang di pelabuhan selama Hari Raya Idul Fotri 1439 Hijriah. Hal ini merupakan salah satu komitmen serius Pelindo 1 dalam melayani masyarakat yang menggunakan jasa angkutan laut.

"Pelindo 1 telah mempersiapkan fasilitas pelabuhan di antaranya, kesiapan dermaga, sistem dan prosedur pelayanan kapal sembako, gudang dan lapangan penumpukan, peralatan bongkar muat, tenaga operasional di lapangan serta kesiapan informasi dan teknologi (IT)," kata ACS Humas Pelindo 1, Fiona Sari Utami, Rabu (6/6).

Fiona menjelaskan bahwa fasilitas umum tambahan juga akan disiapkan seperti tenda, toilet, metal detector, tenaga medis, fasilitas parkir tambahan, dan media informasi kepada penumpang, pengantar/penjemput seperti sound system, spanduk, banner dan leaflet informasi.

"Posko Monitoring dan Tim Pemantauan Kesiapan Pelayanan juga akan dibentuk di setiap cabang pelabuhan yang akan dimonitor oleh berbagai pihak, meliputi, Kesyahbandaran, Otoritas Pelabuhan, Pelindo 1, Polri, TNI AL, Bea Cukai, Karantina, Imigrasi dan Kesehatan Pelabuhan yang bertugas untuk memantau kegiatan embarkasi dan debarkasi, bongkar muat, berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait kegiatan, kegiatan pusat pengendalian traffic dan pusat informasi serta pelaporan. Tim ini akan bertugas mulai tanggal 5-26 Juni 2018," jelasnya.

Selain memastikan kesiapan seluruh fasilitas untuk kelancaran arus barang dan penumpang, Pelindo 1 juga akan memastikan faktor keamanan dan keselamatannya juga melalui koordinasi dengan pihak regulator (OP/KSOP, Syahbandar, dan pihak keamanan di pelabuhan) mengenai batas izin toleransi kelebihan kapasitas penumpang kapal sekaligus pengaturan kendaraan dan antisipasi tindakan kriminal dalam rangka mewujudkan zero accident.

"Kami juga berkoordinasi dengan perusahaan pelayaran agar kapal penumpang tidak sandar pada malam hari, memberikan prioritas sandar bagi kapal penumpang, hewan ternak, kebutuhan pokok dan BBM untuk mengendalikan inflasi yang relatif meningkat di bulan Ramadan hingga menjelang Idul Fitri, serta mengoordinasikan adanya penambahan moda angkutan lanjutan pada Pelabuhan Belawan dan Tanjung Pinang (Sei Kolak Kijang)," pungkas Fiona.

(jw/eal)

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar