Pelindo 1 Lakukan Berbagai Persiapan Hadapi Arus Mudik Lebaran 2018

Pelindo 1 Lakukan Berbagai Persiapan Hadapi Arus Mudik Lebaran 2018

Pelabuhan Bandar Deli Belawan.

(jw/rzd)

Rabu, 6 Juni 2018 | 15:05

Analisadaily (Medan) - PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) 1 menyiapkan delapan cabang pelabuhan dan tiga kawasan pelabuhan dalam rangka menyambut Hari Raya Idul Fitri 1439 H. Hal ini dilakukan memperlancar Angkutan Lebaran Tahun 2018.

"Pelabuhan yang akan kita siapkan antara lain adalah Pelabuhan Belawan, Sibolga, Gunung Sitoli, Tanjung Balai Asahan, Dumai, Tanjung Balai Karimun, Tanjung Pinang, Tembilahan, Selat Panjang, Bengkalis, dan Sei Kolak Kijang," kata ACS Humas Pelindo 1, Fiona Sari Utami, Rabu (6/6).

"Kita terus berupaya meningkatkan kesiapan di seluruh terminal penumpang yang akan mengakomodasi keberangkatan dan kedatangan arus mudik," sambung Fiona.

Dijelaskannya, Terminal Penumpang Bandar Deli Pelabuhan Belawan yang merupakan terminal penumpang terbesar di Pulau Sumatera ini mampu menampung 2.500 orang, dan sudah dilengkapi dua unit garbarata yang semakin memudahkan penumpang untuk naik turun dari kapal menuju dermaga dan sebaliknya.

"Menurut hasil monitoring Angkutan Lebaran Tahun 2017, Pelabuhan Belawan mengalami peningkatan 3,4 persen, mencapai 34.216 penumpang naik dan turun, jika dibandingkan Angkutan Lebaran Tahun 2016 yang tercatat 33.036 penumpang," jelasnya.

Fiona mengungkapkan, Terminal Penumpang Bandar Deli Pelabuhan Belawan memiliki arsitek bangunan yang modern, dan dilengkapi dengan berbagai fasilitas seperti tanda bahaya (alarm), alat pemadam kebakaran, alat penyelamat kecelakaan di air (pelampung) serta fasilitas automatic gate untuk menunjang faktor keamanan, keselamatan, dan kenyamanan penumpang.

"Selain Pelabuhan Belawan, kita juga melakukan pembenahan terminal penumpang di Terminal Sri Bintan Pura Pelabuhan Tanjung Pinang, merupakan terminal penumpang kedua tersibuk di Indonesia yang kini telah dilengkapi dengan layanan e-berthing atau layanan tambatan kapal secara online, untuk memudahkan dalam permintaan pelayanan tambatan kapal," ungkapnya.

"Juga pembenahan di Pelabuhan Dumai, Terminal Penumpang Tanjung Balai Karimun, Tanjung Balai Asahan, dan Pelabuhan Sibolga," tandasnya.

(jw/rzd)

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar