Pelaksanaan PSU di Nisel Berjalan Aman dan Lancar

Pelaksanaan PSU di Nisel Berjalan Aman dan Lancar

Ketua KPU Sumatera Utara, Yulhasni, memantau PSU di Kabupaten Nias Selatan

(jw/eal)

Selasa, 23 April 2019 | 20:23

Analisadaily (Nias Selatan) - Sejumlah warga di lima kecamatan Kabupaten Nias Selatan menggelar ‎Pemungutan Suara Ulang (PSU), Selasa (23/4). PSU yang berlangsung sejak pagi tadi berjalan aman dan lancar.

"Alhamdulillah semua berjalan lancar dan aman. Dan ini tinggal penghitungan suara," kata Ketua KPU Sumatera Utara, Yulhasni, kepada Analisadaily.com, Selasa (23/4).

PSU di Nias Selatan melibatkan 153 Tempat Pemungutan Suara (TPS) ‎dengan rincian pemilih, Kecamatan Somambawa 6.362 Daftar Pemilihan Tetap (DPT), Kecamatan Sidua'ori 5.181 DPT, Kecamatan Mazino 6.884 DPT, Kecamatan Lolowau 5.358 DPT dan Kecamatan Toma 7.176 DPT.

"Yang pasti pelaksanaan pemungutan suara ulang di Nisel aman dan kondusif," jelas Yulhasni.

Dalam pemungutan suara ulang di 5 kecamatan itu juga dikawal oleh pihak kepolisian. Kapolda Sumut, Irjen Pol. Agus Andrianto, juga turun langsung meninjau pelaksanaan PSU.

"Alhamdulillah semuanya berjalan lancar, polisi sifatnya hanya membantu penyelenggara dalam memberikan rasa aman dan nyaman demi suksesnya pesta demokrasi," ucap Agus.

Selain PSU, di Kabupaten Nias Selatan ini juga dilakukan ‎Pemungutan Suara Lanjutan (PSL). PSU digelar karena Komisi Pemilu Umum Kabupaten Nias Selatan terkendala soal pendistribusian logistik akibat faktor cuaca.

"Pendistribusian logistik dilakukan menggunakan perahu dan harus melalui perairan di laut lepas. Atas hal itu, KPU menetapkan PSU hari ini dilakukan dengan diikuti puluhan ribuan masyarakat yang belum menggunakan hak suaranya," ujar Agus.

"Saya dan lainnya ingin memastikan pelaksanaan pemilu ulang berjalan lancar," sambung Agus.

Agus juga meminta kepada masyarakat Kabupaten Nias Selatan dan masyarakat Sumatera Utara untuk tetap mengawal dan mengawasi pelaksanaan PSU.

"Kalau untuk pengamanan Polres Nias Selatan dibantu personil kepolisian dari Polda Sumut dan TNI," pungkas Kapolda.

(jw/eal)

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar