Pekerjakan Orang Asing, Perusahaan Wajib Laporkan ke Imigrasi

Pekerjakan Orang Asing, Perusahaan Wajib Laporkan ke Imigrasi

Kakanwil Kemenkumham Sumut, MJ Baringbing (kanan)

(ns/eal)

Selasa, 9 Agustus 2016 | 09:26

Analisadaily (Medan) - Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Medan menyosialisasikan izin tinggal terbatas (itas) online dan Aplikasi Pendaftaran Orang Asing (APOA), Selasa (9/8).

Dalam sosialisasi tersebut hadir Kakanwil Kemenkumham Sumut, MJ Baringbing, Direktur Keimigrasian, Friment, Kadiv Keimigrasian, Yudi K dan Kepala Kantor Imigrasi Medan, Lilik Bambang.

MJ Baringbing dalam sambutannya mengatakan, semua sponsor yang memperkerjakan orang asing wajib melaporkan keberadaan pekerjanya. Hal ini agar pihak imigrasi mengetahui segala kegiatan orang asing tersebut.

"Jangan sampai nanti izin kerjanya di Medan, tiba-tiba kita dapat laporan dia sudah liburan di Bali dalam jangka waktu yang lama. Pernah ada kejadian seperti itu. Atau ada yang izinnya wisata, tapi ternyata dia kerja di Indonesia. Ini langsung kita tindak," tegasnya.

Sejauh ini, sudah ada 100 orang asing yang ditindak oleh pihak imigrasi dan beberapa di antaranya sudah diproses secara hukum. Baringbing berharap ke depan, keberadaan orang asing di Indonesia tetap dilaporkan.

(ns/eal)

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar