Paslon Pilgubsu Ditantang Komitmen Soal Lingkungan

Hari Lingkungan Hidup Sedunia

Paslon Pilgubsu Ditantang Komitmen Soal Lingkungan

Aksi damai digelar WALHI Sumut, Selasa (5/6).

(aa/rzp)

Selasa, 5 Juni 2018 | 13:40

Analisadaily (Medan) - Setiap tanggal 5 Juni diperingati sebagai Hari Lingkungan Hidup Sedunia. Dalam hal ini, Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (WALHI) Sumatera Utara menggelar aksi unjuk rasa damai di Bundaran SIB, Jalan Gatot Subroto, Kota Medan.

Salah satu isu lingkungan yang menjadi permasalahan adalah perihal bencana ekologi. Menurut Koordiantor Aksi, Antonio Marro Sipayung, bencana ekologi di Sumut setiap tahunnya meningkat yang disebabkan karena pengelolaan lingkungan hidup yang buruk.

Karena berdekatan dengan Pilkada serentak 2018 pada 27 Juni mendatang, WALHI Sumut mengajak masyarakat Sumut untuk menggunakan hak pilihnya secara cerdas, baik untuk Pemilihan Gubernur Sumatera Utara (Pilgubsu), Pemilihan Bupati dan Wali Kota di Sumut.

"Sebagaimana kita ketahui isu lingkungan tampaknya belum menarik secara politik bagi para pasangan calon (paslon) Pilkada, karena dianggap belum memiliki efek yang berarti," katanya, Selasa (5/6).

Terkhusus Pilgubsu, lanjutnya, WALHI Sumut melihat belum ada program-program atau komitmen dari paslon yang berpihak terhadap lingkungan.

"Program atau komitmen dari paslon masih seputar isu-isu populer seperti ekonomi, kemiskinan, infrastruktur, serta pelayanan birokrasi. Namun jangan dilupakan provinsi ini memiliki permasalahan lingkungan yang penting untuk dibenahi," tegasnya.

Aksi damai digelar WALHI Sumut, Selasa (5/6). (aa)

Aksi damai digelar WALHI Sumut, Selasa (5/6). (aa)

Oleh karena itu ia berharap pada debat Pilgubsu terakhir nanti, KPU Sumut sebagai penyelenggara debat dapat memasukkan isu-isu terkait permasalahan lingkungan di Sumut.

"Kenapa isu ini kita tekankan kepada para paslon, karena kita ingin melihat komitmen politik mereka perihal bagaimana visi misi serta kepedulian mereka terhadap lingkungan," sebutnya.

"Dan kita menantang kepada para paslon jika mereka nantinya terpilih bisa membuat kebijakan-kebijakan yang orientasinya terhadap kepedulian lingkungan," tandasnya.

(aa/rzp)

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar