Pasca Operasi, Kondisi Afdun Hamdan Mulai Membaik

Pasca Operasi, Kondisi Afdun Hamdan Mulai Membaik

Afdun Hamdan saat berada di Rumah Sakit Umum Pusat Haji Adam Malik, Medan, Jumat (8/3)

(jw/csp)

Jumat, 8 Maret 2019 | 15:29

Analisadaily (Medan) – Pasca operasi Ventriculoperitoneal shunt (VP shunt) di Rumah Sakit Umum Pusat Haji Adam Malik, Medan, Rabu (6/3), kondisi Afdun, bayi penderita Hidrosefalus asal Tapanuli Tengah semakin mambaik.

Ayah Afdun Hamdan, Naswardi Sihotang (27) mengatakan, saat ini kondisi anak pertamanya mulai membaik dan tenang usai operasi.

"Alhamdulillah, sekarang Afdun sudah tidak rewel dan sudah tidak nangis-nangis lagi. Sudah mau minum," kata Naswardi, Jumat (8/3).

Naswardi mengatakan, dari keterangan dokter belum ada rencana operasi lanjutan. Mereka masih menunggu perkembangan kondisi Afdun.

Maswardi berharap pemerintah terus membantu. Karena, uang yang dimilikinya sudah mulai habis. "Apalagi, selama di Medan, saya tidak bekerja. Kami fokus mengurusi Afdun," tuturnya.

Sebelumnya, Afdun dioperasi pemasangan Vp shunt di RSUP Haji Adam Malik Medan pada Rabu (6/3) pukul 13.30 WIB dan selesai operasi pada pukul 17.00 WIB.

Kasubbag Humas RSUP H Adam Malik, Rosario Dorothy Simanjuntak mengatakan, seharusnya pasien dijadwalkan operasi pada Selasa (5/3). Namun, karena kondisi pasien belum fit, operasi ditunda.

"Saat itu pasien masih batuk dan flu makanya kita tunda dan Rabu kita operasi," ujarnya.

Rosario juga mengungkapkan, sekarang pasien masih ditangani dokter anak dan dokter bedah saraf. "Setelah operasi, dokter masih melihat perkembangan dan sejauh ini belum ada rencana operasi lanjutan dan kita masih melihat perkembangannya," ungkapnya.

Diketahui sebelumnya, Afdun Hamdan yang berusia 2 bulan merupakan anak pertama dari pasangan Naswardi Sihotang (27) dan Afsanah Piareka Zebua (22) . Keluarga ini berasal dari Kelurahan Pandan, Kecamatan Pandan, Kabupaten Tapanuli Tengah.

Afdun divonis menderita Hidrosefalus atau penumpukan cairan di dalam rongga ventrikel otak oleh Rumah Sakit Metta Medika, Sibolga. Dan selama dua bulan, Afdun mendapatkan pengobatan generik dengan memanfaatkan kartu BPJS.

Sementara, pihak Rumah Sakit Metta Medika, Sibolga merujuk agar Afdun dibawa ke RSUP Haji Adam Malik. Tapi karena keterbatasan biaya, keluarga tidak mampu untuk membawa Afdun berobat.

(jw/csp)

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar