Pasca Legalisir, KPU Segera Tentukan Status Pencalonan JR Saragih

Pasca Legalisir, KPU Segera Tentukan Status Pencalonan JR Saragih

Komisioner KPU Sumatera Utara, Iskandar Zulkarnain (kiri)

(aa/eal)

Selasa, 13 Maret 2018 | 21:27

Analisadaily (Medan) - Status bakal pasangan calon peserta Pilgubsu 2018, JR Saragih-Ance Selian, paling lama akan ditentukan tiga hari ke depan atau 16 Maret 2018.

Hal ini ditetapkan pasca legalisir Surat Keterangan Pengganti Ijazah (SKPI) SMA/sederajat milik JR Saragih di Suku Dinas Pendidikan Wilayah II Jakarta Pusat, Senin (12/3) kemarin.

Komisioner KPU Sumatera Utara, Iskandar Zulkarnain mengatakan, pemberitahuan status apakah pasangan JR-Ance masih TMS (Tidak Memenuhi Syarat) atau MS (Memenuhi Syarat), berdasarkan amar putusan Bawaslu Sumut dalam musyawarah sengketa Pilgubsu 2018.

"Berdasarkan putusan itu kami diperintahkan untuk menetapkan status paling lama tujuh hari kerja setelah menindaklanjuti putusan Bawaslu (Sumut) Rabu (7/3) pekan lalu," kata Zulkarnain dalam jumpa pers di Kantor KPU Sumut, Selasa (13/3) malam.

"Dan tujuh hari kerja itu jatuh pada Jumat (16/3) nanti. Maka berdasarkan itulah paling lama kami menetapkan status JR-Ance apakah MS atau tetap TMS," sambungnya.

Lebih lanjut Iskandar menjelaskan, putusan Bawaslu Sumut perintah legalisir ijazah ke dinas terkait dan penyerahan legalisir tersebut ke KPU Sumut sudah dilaksanakan.

"Untuk legalisir sudah dilakukan pihak JR kemarin. Namun yang dilegalisir bukan fotokopi ijazah SMA, tapi SKPI karena ijazah milik beliau hilang. Maka dia membuat SKPI itu dan pembuatannya ditandai dengan surat keterangan dari kepolisian," jelasnya.

"Sedangkan perintah Bawaslu Sumut perihal pihak JR yang menyerahkan hasil legalisir itu kepada kami sudah kami terima sore ini," pungkasnya.

(aa/eal)

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar