Pasar LCGC di Sumut Masih Positif

Pasar LCGC di Sumut Masih Positif

Regional Head Sumatera Astra International Daihatsu Sales Operation (DSO), Budhy Lau

(rzp/eal)

Kamis, 19 September 2019 | 19:13

Analisadaily (Medan) - Data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) menyebut, segmen pasar kendaraan Low Cost Green Car (LCGC) atau kendaraan hemat energi hingga year-to-date (ytd) Agustus 2019 mencapai 143.632 unit, menurun empat persen dibandingkan tahun lalu.

Namun, kontribusi di segmen LCGC meningkat dari 19,7 persen pada tahun 2018 menjadi 21,3 persen pada 2019. Hal ini disampaikan Regional Head Sumatera Astra International Daihatsu Sales Operation (DSO), Budhy Lau.

Dikatakannya, tahun ini market share LCGC di Sumatera turun 12 persen. Tetapi, market share Daihatsu Sigra berhasil naik, tumbuh delapan persen yang tadinya hanya 33 persen naik menjadi 41 persen.

"Ini menandakan pasar LCGC di Sumut masih positif," kata Budhy Lau, Kamis (19/9).

Disebutkan, tren permintaan Sigra diyakini masih positif terlihat dari grafik permintaan yang terus naik dari tahun 2016 hingga tahun 2019. Ada kurang lebih 18.000 unit terjual setiap bulannya. Di Sumut, Sigra memberikan kontribusi sebesar 29 persen dari total penjualan Daihatsu.

"Hingga saat ini, penjualannya sudah mencapai 667 unit dan target tahun ini sebanyak 600 unit. Dengan New Sigra, kita optimis penjualan meningkat bisa sampai 700 sampai 800 unit hingga akhir tahun," sebutnya.

Chief Operation Officer Astra International DSO, Anton Rusli menuturkan, untuk nasional Sigra juga mengalami peningkatan kontribusi, yaitu 25 persen menjadi 29 persen dari total volume 33.718 unit dibanding tahun lalu yang mencapai 31.813 unit.

Berdasarkan survei, pelanggan menginginkan desain yang fresh, fitur lebih praktis dan fungsional, serta biaya ownership yang terjangkau. Karena itu, diluncurkanlah New Astra Daihatsu Sigra.

"Semoga ini bisa menjawab kebutuhan masyarakat Sumut, khususnya di Medan akan kendaraan LCGC MPV yang terjangkau," tandasnya.

(rzp/eal)

Berita Terkait :

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar