Panwaslih Kota Medan Pertanyakan Selisih DPT Dengan DPSHP

Panwaslih Kota Medan Pertanyakan Selisih DPT Dengan DPSHP

Ketua Panwaslih Medan, Henry Sitinjak

(aa/eal)

Kamis, 19 April 2018 | 22:07

Analisadaily (Medan) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Medan telah menetapkan jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) Kota Medan untuk Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Utara (Pilgubsu) 2018, yakni 1.519.662 pemilih.

Penetapan itu berdasarkan rapat pleno terbuka rekapitulasi DPT Pilgubsu 2018 yang digelar KPU Medan. Jumlah DPT tersebut tersebar di 3.019 TPS (Tempat Pemungutan Suara) di 21 kecamatan se-Kota Medan.

Jumlah DPT tersebut meningkat atau naik 5.827 pemilih dari jumlah Daftar Pemilih Sementara (DPS) yang telah diumumkan sebelumnya.

Namun penetapan tersebut mendapat catatan dari Panitia Pengawas Pemilihan (Panwaslih) Kota Medan. Menurut Panwaslih, KPU Medan harus menjelaskan adanya selisih jumlah pemilih antara DPT dengan Daftar Pemilih Sementara Hasil Perbaikan tahap pertama (DPSHP 1).

"Waktu DPSHP 1 jumlahnya 1.527.926 pemilih, sedang DPSHP 2 yang kini sudah ditetapkan menjadi DPT itu menjadi 1.519.662 pemilih. Itu ada jumlah yang berkurang yakni 8.264 pemilih," kata Ketua Panwaslih Medan, Henry Sitinjak, Kamis (19/4).

Oleh karena itu, lanjutnya, Panwaslih Medan mempertanyakan berkurangnya jumlah tersebut. Apakah ada warga yang telah meninggal dunia, pindah domisili dan sebagainya.

"Pengurangan tersebut harus diperjelas KPU, by name by address. Agar tim dari pasangan calon (paslon) Pilgubsu tidak menuduh Panwaslih tidak kritis atau KPU berbuat curang," tegas Henry.

(aa/eal)

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar