Pameran Kilas Balik Ingatkan Peristiwa Penting Jurnalistik

Jumat, 17 Oktober 2014 | 20:02

Jakarta - ANTARA News, Pameran dan peluncuran buku Kilas Balik yang menampilkan karya dari para pewarta Divisi Foto Kantor Berita Antara  digelar pada 17 Oktober-10 November 2014.

Sebanyak 256 foto terbaik karya 71 pewarta foto Antara merupakan highlight dari peristiwa penting sepanjang tahun 2013-2014, salah satunya mengenai Pemilihan Presiden 2014.

"Kilas Balik ini untuk mengingatkan kembali akan banyaknya PR di negara ini yang perlu mendapat perhatian serius," ujar Kepala Galeri Foto Jurnalistik Antara Oscar Motuloh di Jakarta, Jumat.

Tujuan diadakannya pameran foto tahunan ini, menurut Oscar, juga untuk mengingatkan para pewarta foto bahwa tugas jurnalistik mereka tidak berhenti hanya pada penyiaran foto ke masyarakat.

"Foto-foto yang sudah disiarkan, atau istilahnya 'sampah jurnalistik' itu harus kita kais kembali, dipilih dan dikumpulkan yang terbaik sebagai tonggak peringatan untuk mereka," katanya.

Karya Joko Widodo

Salah satu hal spesial pada pameran foto jurnalistik tahunan ini adalah satu foto yang diabadikan langsung oleh Presiden Terpilih Joko Widodo.

Joko Widodo, yang pada saat itu masih menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta, mengambil gambar para pewarta foto yang karyanya ditampilkan dalam pameran dan peluncuran buku "Kilas Balik" tahun 2012.

Foto ini dipamerkan dalam ukuran besar yakni 2x1,5 meter.

Tidak hanya karyanya namun figur Jokowi juga dipilih sebagai sampul muka buku fotografi junalistik yang dibandrol dengan harga Rp300 ribu rupiah ini.

Kepala Divisi Pemberitaan Foto Antara Hermanus Prihatna menjelaskan foto Jokowi saat menendang bola yang dipilih sebagai foto untuk sampul muka tidak menandakan keberpihakan pada satu pihak.

"Foto itu merupakan penanda ke mana bola akan bersarang, menandakan permasalahan bangsa ke depan yang tentu akan lebih berat," tuturnya.

Menyadari hal tersebut, kata ia, inilah saatnya bangsa Indonesia bersatu untuk Indonesia yang lebih baik.

Tema-tema yang diangkat dalam kumpulan karya fotografi ini yaitu kemajemukan, ketidakadilan, pilpres, korupsi, serta tema-tema lain yang selalu diangkat tiap tahun yaitu bencana alam, banjir, kebakaran, dan keseharian masyarakat.

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar