Pagelaran Musik Internasional Tampilkan Lagu-lagu Batak

Pagelaran Musik Internasional Tampilkan Lagu-lagu Batak

Hermann Delago (kiri) bersama artis Eropa lainnya, termasuk Nadine Beiler (kedua dari kiri) saat memberikan keterangan pers di Siantar, Kamis (10/8) (Istimewa)

(rel/csp)

Kamis, 10 Agustus 2017 | 22:15

Analisadaily (Siantar) - Pagelaran Musik Internasional yang mengangkat tema ‘Tobatak Festival’ di Samosir, Sabtu (12/8), akan menonjolkan penampilan lagu-lagu Batak.

Manager even Tobatak Festival, Henry Manik menjelaskan, penampilan lagu-lagu Batak lama sebagai upaya untuk memperlihatkan hal-hal baru bagi pengunjung. Tahun lalu, lagu-lagu yang ditampilkan bertema noise/pop Batak.

Saat jumpa pers di Siantar, Kamis (10/8), Henry juga menuturkan, lagu Batak lama berupa lagu-lagu yang sudah jarang ditampilkan di panggung-panggung musik. “Misalnya, Rura Silindung, Ro Ho Saonari, dan lagu-lagu ciptaan Nahum Situmorang,” terangnya.

Seluruh lagu batak yang ditampilkan di Open Stage Tuktut Siadong, akan dibawakan musisi asal Eropa, diantaranya Hermann Delago, Nadine Beiler, The JB's Band dari Austria, Bernadeta Astari dari Belanda.

Artis lokal yang siap menghibur, antara lain Viky Sianipar dan Tongam Sirait. Namun sebelum penampilan artis Eropa,  pengunjung akan disuguhi aksi panggung, Jajabi Band (Supra Purba Tambak), Punxgoaran dan Samisara Band.

Menyangkut kemampuan musisi Eropa menyanyikan lagu Batak, Henry menilai, para artis tersebut profesional. “Mereka langsung dapat beradaptasi baik irama maupun notasi dengan cepat,” katanya.

Nadine Beiler Turut Meramaikan

Salah satunya, Hermann Delago. Dia mengatakan, sudah siap tampil, apalagi, katanya, dirinya sudah tidak asing dengan lagu-lagu Batak. Pada penampilan kali ini, dia juga mengajak penyanyi muda, seperti Nadine Beiler, yang pernah menjuarai even Idol di Eropa.

“Ketika Nadine saya diajak, dia langsung tertarik bernyanyi di Indonesia, padahal ada even lain yang juga ditawarkan negara lain,” kata Hermann.

Nadine Beiler mengungkapkan, sangat bangga dapat membawakan lagu-lagu Batak. Dia mengaku, dapat cepat mempelajari lirik dan irama lagu Batak.

"Irama lagu Batak itu banyak persamaan dengan lagu Barat. Contohnya, lagu Didia Rokkap Hi sama seperti lagu Don’t Cry for Me Argentina,” teranganya.

Nantinya, dalam penampilan di Samosir, Nadine juga akan melantunkan lagu Secret of Love. Ini merupakan lagu yang dibawakannya saat menjadi juara Idol di Eropa.

Nadine Beiler (kiri) bersama artis Eropa lainnya saat jumpa pers di Siantar, Kamis (10/8) (istimewa)

Nadine Beiler (kiri) bersama artis Eropa lainnya saat jumpa pers di Siantar, Kamis (10/8) (istimewa)

Sedangkan Bernadeta Astari, akan tampil dengan lagu-lagu Batak yang diaransmen berirama klasik. Mendukung penampilannya, Bernadeta membawa pemusik, Lisa (Harva) dan Josephin (Piano). “Saya sudah lama menjadi penyanyi dan irama klasik merupakan pilihan saya,” ujarnya.

Pada kesempatan itu, tampak hadir perwakilan Dinas Pariwisata Pemkab Samosir, Robintang Naibaho. Dia menjelaskan, pagelaraan musik di Samosir nanti telah dikemas menjadi even Pariwisata yang disebut Samosir International Music.

“Kita berharap, dengan even ini jumlah kunjungan wisatawan ke Samosir semakin meningkat,” harapnya.

(rel/csp)

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar