Orang Tua Berperan Penting Dalam Pencegahan Narkoba Pada Anak

Orang Tua Berperan Penting Dalam Pencegahan Narkoba Pada Anak

Kabid Pencegahan dan Pemberdayaan Masyarakat BNNP Sumut, T. Harianja.

(aa/rzd)

Rabu, 26 Juli 2017 | 21:24

Analisadaily (Medan) - Kepala Bidang Pencegahan dan Pemberdayaan Masyarakat Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Sumatera Utara, T. Harianja mengatakan, sekitar 22 persen dari 5,8 juta orang pengguna aktif narkotika di Indonesia terjadi pada anak atau pelajar.

"Tentu hal seperti ini masih saja meningkat di setiap tahun. Oleh karena itu, pentingnya peran orang tua agar dapat mengawasi dan mendidik anaknya untuk selalu menjauhi benda-benda haram tersebut," kata Harianja kepada Analisadaily.com, Rabu (26/7).

Selain sebagai pengonsumsi, lanjut Harianja, dewasa ini juga muncul kasus anak-anak atau pelajar menjadi pengedar narkoba. "Anak-anak atau pelajar ini merupakan aset penerus bangsa yang harus kita lindungi dari bahaya laten narkoba," sebutnya.

Harianja menjelaskan, terkait kasus narkoba yang terjadi pada generasi muda, pihaknya tetap melakukan rehabilitasi berdasarkan dari hasil asesment, baik berupa rawat jalan ataupun rawat inap.

"Selain itu, sudah sejak lama pihak BNN, baik dari pusat, provinsi, hingga kabupaten/kota, terus menyosialisasikan bahaya laten narkoba ke sekolah-sekolah. Diharapkan mereka menjadi duta anti narkoba di lingkungan tempat tinggalnya," sebutnya.

Selain peran penting dari pihak orang tua dan orang terdekat, ia meminta pihak media massa untuk terus menginformasikan akan bahaya narkoba kepada generasi muda.

"Selain kepada generasi muda, narkoba bisa singgah ke seluruh lapisan masyarakat. Kami meminta agar masyarakat, termasuk media, untuk sama-sama membumihanguskan narkoba karena Indonesia kini sudah darurat narkoba," tandasnya.

(aa/rzd)

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar