Occupy Central Ingatkan Demonstrasi Hongkong Meluas

Occupy Central Ingatkan Demonstrasi Hongkong Meluas

Pengunjuk rasa menggunakan payung untuk berlindung dari merica yang disemprotkan polisi anti huru-hara di Hong Kong, Tiongkok (REUTERS/Bobby Yip )

Rabu, 1 Oktober 2014 | 12:58

Hongkong (ANTARA News) - Salah seorang tokoh prodemokrasi Hongkong mengingatkan bahwa demonstrasi akan menyebar bagaikan bunga yang memekar dan meminta warga Hongkong untuk memahami tindakan mereka.

Pendiri  Occupy Central Chan Kin-man berkata pada wartawan bahwa demonstrasi akan meluas jika pemerintah bersikukuh pada pendirian garis kerasnya.

"Kami memaklumi mengapa warga kota terur memperluas pendudukan, ini karena pemerintah begitu dingin," kata  Chan seperti dikutip AFP.

 Occupy Central adalah salah satu pengorganisasi utama demonstrasi yang menyebar ke kota semiotonom itu setelah polisi huru hara menembakkan gas air mata kepada demonstran Minggu sehingga makin mendorong orang bergabung dalam protes jalanan.

Puluhan ribu demonstran berkumpul di pusat-pusat keramaian di Hongkong dalam tiga hari terakhir.  Chan meminta maaf kepada warga kota atas ketidaknyamanan akibat demonstrasi mereka serta memohon toleransi dari warga.

"Saya berharap semuanya akan memahami apa yang tengah kita lakukan ini tidak merugikan Hongkong. Dengan ketidaknyamanan jangka pendek ini, kami berharap membuat sistem yang lebih fair," kata dia.

Demonstran menuntut dua hal, yakni pengunduran diri pemimpin Hongkong Leung Chun-ying dan menuntut Beijing mensahkan penggantinya, demikian AFP.

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar