Notaris Sekarang Bisa Lapor Wasiat Sambil Nongkrong di Mal

Selasa, 25 Maret 2014 | 16:34

detikNews - Jakarta, Ada perubahan positif dalam proses birokrasi di Kemenkum HAM. Kini setiap notaris yang mengurus wasiat bisa melakukannya sambil bersantai, bahkan bisa sambil nongkrong di mal. Serius?

Seperti disampaikan Wamenkum HAM Denny Indrayana ketika memberikan paparan pada acara peresmian layanan AHU Online di Hotel Bidakara, Jakarta, Selasa (25/4/2014). Denny menyampaikan, dengan layanan AHU online ini ada notaris yang menyampaikan bahwa mereka bisa melaporkan wasiat ke Kemenkum HAM sambil kongkow menggunakan laptop di mal.

Memang sesuai aturan, paling lambat setiap tanggal lima di awal bulan, seluruh notaris diwajibkan melaporkan kepada Kemenkum HAM ada tidaknya wasiat yang dibuat. Akibatnya, setiap bulan Kemenkum 'kebanjiran' dokumen laporan wasiat, meskipun sebenarnya lapornnya tidak ada wasiat alias nihil.

"Ketika ayah saya meninggal, saya minta dicek apakah ada wasiat bagi keluarga saya di Pusat Daftar Wasiat Kemenkumham. Jawaban yang saya terima lama sekali karena pengecekan dilakukan secara manual. Tapi dengan sistem online ini, saya yakin prosesnya jauh lebih cepat dan efisien," tegas Denny.

Layanan wasiat online ini bisa memudahkan notaris dalam melaporkan wasiat karena dilakukan secara paperless, cepat karena menggunakan sarana internet, dapat dilakukan dari mana saja dan kapan saja, tidak perlu biaya pos.

Sedangkan bagi Kemenkumham, dengan sistem online sangat memudahkan petugas ketika mencari ada tidaknya wasiat seseorang. Hanya dengan mengetik nama wasiat yang diminta, dalam waktu singkat data sudah tersaji di depan monitor. (rni)

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar