Nelayan Diimbau Waspada Gelombang Laut Tinggi

Nelayan Diimbau Waspada Gelombang Laut Tinggi

Ilustrasi.

(jw/rzd)

Rabu, 15 Juni 2016 | 17:31

Analisadaily (Medan) - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Sumatera Utara mengimbau agar para masyarakat di Sumut untuk mewaspadai perubahan cuaca yang masih ekstrem.

"Untuk masyarakat yang tinggal di sekitar pantai dan laut, khususnya nelayan yang hendak berlayar menangkap ikan menggunakan kapal kecil diharap untuk selalu waspada. Karena dua hari ke depan diprediksi gelombang laut masih tinggi," kata prakirawan (forecaster) BMKG Wilayah I Sumatera Utara, Lestari Irene Purba, Rabu (15/6).

Lestari juga mengatakan, pihaknya memprediksi bahwa dua hingga tiga hari ke depan wilayah pantai timur masih berpotensi hujan ringan hingga sedang. Terutama pada sore menjelang malam dan dini hari.

"Diimbau untuk para nelayan di daerah Belawan untuk waspada terhadap gelombang air laut yang tinggi," ucapnya.

Lestari menjelaskan, untuk kecepatan angin di wilayah pesisir mencapai dua hingga 30 knot dan tinggi gelombang laut mencapai 0,5 hingga 1,25 meter. Sementara para nelayan di daerah pantai barat seperti Sibolga dan Nias untuk waspada, karena daerah pantai barat lebih membahayakan dibandingkan pantai timur.

"Gangguan cuaca di pantai barat dengan gelombang lautnya yang mencapai ketinggian 2,5 hingga 3 meter. Untuk nelayan diimbau menggunakan kapal besar jika melaut," tambahnya.

(jw/rzd)

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar