Natal dan Tahun Baru, Pertamina Pastikan Ketersediaan BBM dan LPG Aman

Rabu, 23 Desember 2015 | 15:18

Analisadaily (Medan) - Dalam rangka menyambut Natal 2015 dan Tahun Baru 2016, PT Pertamina Marketing Operation Region I memastikan ketersediaan stok BBM dan LPG melalui 739 SPBU, 428 agen LPG 3 Kg dan 161 agen LPG 12kg di seluruh wilayah Sumatera Bagian Utara relatif aman.

Hal itu disampaikan langsung oleh General Manager PT Pertamina MOR I Sumbagut, Romulo Hutapea, dalam konferensi pers bersama sejumlah wartawan di Kota Medan, Rabu (23/12).

"Pertamina telah membentuk tim satgas monitoring kelancaran distribusi BBM dan LPG terhitung 21 Desember 2015 hingga 8 Januari 2016. Kita juga menambah waktu pelayanan dan tetap buka pada hari libur untuk terminal BBM, Depot LPG, SPBE/SPBBE dan SPBU," kata Romulo.

Mengenai estimasi BBM dan LPG, Romulo menjelaskan, selama perayaan Natal dan Tahun Baru, BBM jenis premium diestimasi akan meningkat 4% dari penyaluran normal rata-rata yaitu sebesar 11.000 KL/hari.

Sementara untuk BBM jenis solar, diestimasi akan turun 5% dari penyaluran normal rata-rata yaitu sebesar 6.600 KL/hari. Kemudian untuk LPG, diestimasi akan meningkat 12% dari penyaluran rata-rata normal bulanan yaitu 48.000 MT.

"Pertamina akan melakukan build-up stok BBM di sepanjang jalur lintas dan lokasi wisata serta menyediakan kantong SPBU di daerah konsentrasi perayaan Natal dan Tahun Baru," jelasnya.

Romulo menambahkan, selain memastikan kesediaan stok sejumlah bahan bakar, Pertamina MOR I juga menyiagakan mobil tangki dan awak dalam jumlah yang cukup dan siap untuk operasi serta menyediakan LPG 3 Kg di SPBU dan Modern Outlet untuk kebutuhan masyarakat.

Sedangkan untuk kebutuhan bahan bakar penerbangan, Pertamina telah menyediakan pasokan avtur melalui 11 depot pengisian pesawat udara.

"Secara umum, Pertamina MOR I Sumbagut telah siap baik sarana dan fasilitas. Ketersediaan produk dan SDM telah diambil langkah-langkah agar ketersediaan BBM dan LPG untuk masyarakat selama Natal dan Tahun Baru senantiasa terpenuhi dengan lancar," tandasnya.

(jw/eal)

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar