Mudik Lebaran, Kemenhub dan Dishub Sumut Periksa Kelayakan Armada

Mudik Lebaran, Kemenhub dan Dishub Sumut Periksa Kelayakan Armada
Pemeriksaan kendaraan Lebaran 2018 yang dilakukan oleh Kemenhub dan Dishub Sumut di Terminal Amplas, Kamis (7/6)
(jw/csp)

Kamis, 7 Juni 2018 | 21:29

Analisadaily (Medan) - Kementrian Perhubungan melakukan pemeriksaan kelayakan armada untuk mudik Lebaran 2018 terutama bus di Terminal Pinang Baris dan Terminal Amplas Kota Medan, Kamis (7/6).

"Pemeriksaan untuk memastikan apakah angkutan yang digunakan memenuhi persyaratan atau tidak," kata Kepala Balai Pengelola Tranportasi Darat Provinsi Sumatera Utara, Sri Hardianto di Terminal Amplas.

Dalam data tercatat, ada 615 Angkutan Kota Antar Provinsi (AKAP). Dari jumlah itu Kemenhub melalui Dinas Perhubungan (Dishub), sudah memeriksa 288 kendaraan.

"Kita memeriksa kondisi ban, rem, lampu dan kelengkapan lainnya. Kita ingin memastikan kenyamanan penumpang saat menjalani mudik Lebaran 2018," jelasnya.

Angkutan Antar Kota Dalam Provinsi (AKDP) jumlahnya sebanyak 1.937. "Yang sudah menjalani pemeriksaan baru mencapai 639 unit. Delapan unit diantaranya juga tidak lulus pemeriksaan," ujar Sri Hardianto.

Melibatkan Polisi dan TNI

Kendaraan bus yang tidak lolos pemeriksaan diminta untuk melengkapi kekurangan sebelum diberangkatkan. Sri Hardianto juga menambahkan, pemeriksa kelayakan kendaraan itu juga rutin dilakukan di dua terminal Tipe A lainnya di Sumut.

"Terminal Tanjung Pinggir dan Tarutung," tambahnya.

Kepala Dinas Perhubungan Kota Medan, Renward Parapat menegaskan, selain memeriksa kendaraan, pihaknya juga memeriksa penumpang dan sopir. "Pemeriksa penumpang dan sopir bekerjasama dengan polisi dan BNN," tegasnya.

Pemeriksa supir bus sampai saat ini belum ada ditemukan yang positif narkoba. "Untuk supir bus, kita lakukan pengerasan urine. Penumpang kita pemeriksa barang-barangnya," tutur Rendward.

(jw/csp)

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar