Mudik Lebaran 2018, Ini Pesan Humas Polda Sumut

Mudik Lebaran 2018, Ini Pesan Humas Polda Sumut

Kabid Humas Polda Sumut, AKBP Tatan Dirsan Atmaja Kamis (14/6)

(jw/csp)

Kamis, 14 Juni 2018 | 12:56

Analisadaily (Medan) - Kepolisian Daerah Sumatera Utara menghimbau kepada masyarakat untuk selalu mewaspadai rumah-rumah yang ditinggal saat mudik.

"Karena, sekecil apapun kesempatan pasti dimanfaatkan orang yang tidak bertanggungjawab. Sehingga, hal terkecil seperti mengunci rumah sangat perlu diperhatikan," pesan Kabid Humas Polda Sumut, AKBP Tatan Dirsan Atmaja Kamis (14/6).

Kepada Analisadaily.com, Tatan menyampaikan, masyarakat yang akan mudik bepergian jauh menggunakan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum, agar menghindari sesuatu yang bisa mengundang perhatian para perampok.

"Bagi wanita, kami sarankan agar tidak menggunakan perhiasan mencolok, yang bisa mengundang pelaku kejahatan beraksi," pesannya.

Tidak hanya itu, Tatan juga menyinggung terkait ramainya pusat perbelanjaan yang akan dipenuh disesaki para pengunjung. Ia mengatakan, agar tidak menggunakan perhiasan ataupun benda berharga.

Pengamanan Terbuka dan Tertutup

Antisipasi tempat keramaian juga dilakukan kepolisian, dengan menempatkan anggota untuk melakukan pengamanan terbuka dan tertutup.

“Kami menempatkan petugas berpakaian preman, baik di pusat perbelanjaan, pertokoan dan kuliner. Kita juga sarankan, pengguna kendaraan bermotor yang memarkirkan sepeda motor, menggunakan kunci ganda untuk menghindari kejahatan Ranmor," ujarnya.

Saat masyarakat yang liburan dan mudik Lebaran, petugas akan melaksanakan patroli baik di rumah-rumah warga, tempat keramaian, dan tempat ibadah.

"Petugas dari Polda, tim Pegasus Polrestabes Medan dan Polres akan rutin melaksanakan patroli untuk menjaga keamanan dan ketertiban di wilayah masing-masing," pungkasnya.

(jw/csp)

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar