Menteri Desa PDT: Kabupaten Tertinggal Banyak di Daerah Perbatasan

Menteri Desa PDT: Kabupaten Tertinggal Banyak di Daerah Perbatasan

(dtc)

Kamis, 8 Januari 2015 | 11:32

detikNews - Jakarta, ‎Pemerataan kesejahteraan masyarakat masih menjadi tugas besar pemerintah Indonesia. Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Marwan Jafar, mengatakan masih banyak kabupaten dan Desa masuk kategori tertinggal, khususnya di daerah perbatasan.

"Ada 27 kabupaten tertinggal yang ada di perbatasan, 15 kabupaten perbatasan di darat dan 12 di laut," kata Marwan saat launching Call center Pengaduan Desa di Kantor Kementerian, Kalibata, Jakarta Selatan, Kamis (8/1/2014).

Sementara itu, hampir separuh dari 74 ribu Desa yang ada di Indonesia, saat ini juga masih masuk dalam kategori tertinggal. Menurut Marwan, hal tersebut merupakan PR bagi pemerintah untuk bekerja keras mengembangkan potensi dan kualitas daerah tertinggal tersebut.

‎"Sampai sekarang masih ada 122 kabupaten tertinggal. Kurang lebih 45 sampai 50 persen dari 74 ribu desa ketegorinya tertinggal. Jadi tentunya ini kerja keras untuk kita, namun mulia yang akan kita kerjakan bersama-sama," jelasnya.

Namun, saat ini ada kabar gembira bagi kabupaten dan Desa, setelah UU Nomor 6 tahun 2014 tentang Desa disahkan, Kementerian Keuangan telah mengucurkan dana untuk 74 ribu kabupaten‎/desa di seluruh Indonesia. Dana tersebut akan dikucurkan pada bulan April nanti.

"Bulan April akan dikucurkan dana desa dari Kemenkeu ke kabupaten/kota lalu kemudian didistribusikan ke desa. Nah, setelah hal tersebut tentunya akan muncul beberapa arahan, evaluasi, dan dapat kita lakukan komunikasi antara pemerintah dan kepala daerah melalui call center, bahkan teleconference sebagai komunikasi langsung dengan kepala daerah maupun kepala desa di Indonesia," papar dia.

"Sudah kita coba dua kali dan hasilnya cukup baik, kita bisa lakukan langsung sekaligus dengarkan aspirasi sehingga kita cepat merespons dan mengambil keputusan," sambung Marwan.

Masih 50 persen desa tertinggal di Indonesia, salam satunya itu yang jadi titik perhatian kita, itu yang kita berdayakan, termasuk SDM, pembangunan, dan sebagainya. Jadi salah satu program pemerintah juga memerdayakan daerah-daerah atau desa-desa di perbatasan," ujar Marwan. (rni/aan)

Berita Terkait :

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar