Menpar Arief Yahya Launching Tour de Bintan

Menpar Arief Yahya Launching Tour de Bintan

Tour de Bintan.

(rel/ln)

Selasa, 22 Maret 2016 | 08:36

Analisadaily (Jakarta) - Menteri Pariwisata, Arief Yahya, me-launching Tour de Bintan, di Balairung, Gedung Sapta Pesona, Kemenpar, Jalan Merdeka Barat, Jakarta, Selasa (22/3) malam ini.

Ribuan pembalap sepeda akan turut andil dalam event bertajuk Sport Tourism yang rencananya dihelat di Pulau Bintan, 1-3 April 2016 itu.

"Kemenpar akan terus men-support event yang berdekatan dengan Singapura maupun Malaysia," ungkap Menpar Arief Yahya di Jakarta.

Menurut Arief Yahya, proxility atau kedekatan itu sangat penting dalam pariwisata, mirip dengan bisnis telekomunikasi. Semakin dekat, semakin besar peluang untuk mendapatkan jumlah wisman yang lebih banyak.

Pulau Bintan hanya 45 menit dari Singapura dan 1 jam dari Malaysia. Karena itu, kawasan yang berdekatan tersebut sangat strategis untuk menjaring wisman dari negara tetangga.

"Tahun 2015, wisman dari Singapura terbesar ke Indonesia, hampir 2 juta orang. Peringkat kedua Malaysia dengan 1,7 juta orang. Baru Tiongkok 1,3 juta dan Australia 1,17 juta," jelas Arief Yahya.

Sama dengan Thailand yang jaraknya paling dekat di antara negara-negara ASEAN. Turis Tiongkok yang ke Thailand sampai 8 juta, lalu orang Malaysia yang ke Thailand juga 3,4 juta orang karena aksesnya bisa ditempuh dengan jalur darat.

"Itu bukti bahwa jarak dan akses mempengaruhi tingkat kunjungan wisman. Kita punya Great Batam yang secara geografis dekat dengan Singapura dan Malaysia. Aksesibilitasnya juga mudah dengan jalur laut. Karena itulah, sport tourism di Kepri sangat ideal untuk menggaet wisman dari dua negara tersebut," tutur Mantan Dirut PT Telkom itu.

Bagaimana dengan persiapan Tour de Bintan?

"Tahun ini sudah ada pendaftar 1.150 pembalap dari 40 negara yang ikut serta," jawab Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Bintan, Luki Zaiman Prawira, Senin (21/3).

Keberadaan kawasan wisata teranyar, Lagoi Bay, daerah yang kerap disebut Bali-nya Kepulauan Riau, diyakini menjadi daya tarik tersendiri bagi ratusan peserta Tour de Bintan 2016.

Maklum, kawasan Lagoi benar-benar bagus, bersih, modern dan sesuai selera orang Singapura. Pantainya banyak dikelola resort dan di kawasan ini, wisatawan bisa merasakan dua aura yang berbeda, yakni aura modern dan alami. Ada banyak pertokoan, kafe, resort, padang golf, pantai pasir putih serta nyiur di pinggir pantai.

"Lagoi Bay ini kabarnya sudah sampai ke seantero dunia. Jadi mau kami gas promosinya lagi di Tour de Bintan agar meningkatkan kunjungan wisman. Di Tour de Bintan 2016, Lagoi Bay akan dijadikan prolog perlombaan," kata Luki.

Prolog alias pembukaan lomba akan dimulai sepanjang 12 kilometer, memutari kawasan wisata Lagoi Bay di hari perdana pembukaan Tour de Bintan, 1 April mendatang.

Setelah menjelajah Lagoi Bay, keesokan harinya, seluruh rider langsung menjelajah etape I dengan melintasi jalur sepanjang 153 km. Di sini, lagi-lagi para peserta akan dimanjakan dengan suguhan panorama yang keren.

Setelah start dari Simpang Lagoi, peserta akan diajak menjelajah kawasan pariwisata Trikora, Berakit, Kawal dan ibukota Kabupaten Bintan, Bintan Buyu, sebelum finish di Simpang Lagoi.

Dan di Etape II, setelah start dari Nirwana Garden’s, peserta akan kembali diajak menikmati keindahan Gunung Bintan, Busung, Tanjunguban dan Sekera, sebelum finish di Nirwana Gardens.

"Dijamin keren. Ada panorama pantai, bukit, perkotaan dan hutan," terang Luki.

Dalam Tour de Bintan 2016, Singapura mendominasi jumlah peserta. Peserta asal Negeri Singa Putih itu mencapai 30% dari kuota keseluruhan. Setelahnya ada Inggris dengan persentasi 19%, kemudian disusul Australia yang menyumbang sekitar 12%. Sementara tuan rumah Indonesia menyumbang 6% peserta.

"Peserta dari Amerika, Kanada, Selandia Baru, Jerman, Prancis dan Jepang juga ikut berpartisipasi. Ini membuktikan destinasi pariwisata Bintan sudah dikenal di kancah dunia," tambah Luki yang didampingi Kadispar Provinsi Kepulauan Riau, Guntur Sakti.

(rel/ln)

Berita Terkait :

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar