Menkumham Lantik Freddy Harris Sebagai Dirjen KI

Menkumham Lantik Freddy Harris Sebagai Dirjen KI

Pelantikan Direktur Jenderal Kekayaan Intelektual, Kamis (30/11)

(rzp/csp)

Kamis, 30 November 2017 | 15:57

Analisadaily (Bogor) - Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia, Yasonna Hamonangan Laoly, melantik Direktur Jenderal Kekayaan Intelektual yang baru, Freddy Harris.

Pada pelantikan dilakukan di Hotel Aston Sentul, Kamis (30/11), Menteri Yasonna menjelaskan, pelantikan bagian dari proses menajemen kepegawaian di Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia.

"Freddy Harris sebelumnya menjabat Dirjen Adminitrasi Hukum Umum (AHU) dan kini dilantik menjadi Dirjen KI berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 121/TPA Tahun 2017 Tentang Pemberhentian dan Pengangkatan dari dan dalam Jabatan Pimpinan Tinggi Madya di Lingkungan Kemenkumham," kata Yasonna, Kamis (30/11).

Diharapkan, Dirjen KI yang baru dilantik dapat melakukan pembenahan-pembenahan, serya meningkatkan kualitas pelayanan publik di bidang Kekayaan Intelektual (KI). Terutama menjadikannya sebagai salah satu yang terbaik di Kemenkumham.

"Ini sebagai bentuk penyegaran dan sebagai langkah kebijakan yang diambil oleh organisasi untuk meningkatkan kualitas layanan publik di Kemenkumham. Khususnya di bidang Kekayaan Intelektual," Menteri Yasonna berpesan.

Dalam sambutannya, Yasonna Laoly juga menyampaikan beberapa hal tugas kepada Dirjen KI baru yang kini dijabat Freddy Harris. Di antaranya adalah untuk segera melaksanakan tugas dan perbaiki kualitas layanan KI. Khususnya dalam hal layanan merek, paten, hak cipta dan desain industri.

Kemudian melakukan penataan ruang dan barang milik Negara secara tertib, rapih, dan sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku serta sesuai dengan kebutuhan layanan publik di Kemenkumham.

Menkumham juga meminta supaya dilakukan penataan sumber daya manusia yang sesuai dengan kompetensi dan skill yang dimiliki para pegawai di lingkungan Ditjen KI, dalam rangka meningkatkan mutu kualitas layanan publik KI.

Lalu, adanya percepatan pembenahan sistem teknologi informasi di bidang KI. Sehingga proses pelayanan permohonan KI menjadi lebih cepat dan pasti. Alhasil peran dan fungsi Ditjen KI menjadi garda terdepan dalam memberikan pelindungan KI di negeri ini.

"Memang tidak mudah dan banyak tantangan, karena KI ini termasuk skala internasional. Tapi saya yakin dengan kemampuan dan kemauan serta kerja keras seluruh jajaran Direktorat Jenderal KI. Maka pelindungan terhadap KI di negeri ini dapat di optimalkan," ujarnya menjelaskan.

Sebelumnya, Direktorat Jenderal KI dipimpin oleh Pelaksana tugas (Plt) Direktur Jenderal KI Aidir Amin Daud sekaligus menjabat sebagai Inspektur Jenderal Kemenkumham. Menkumham mengucapkan terima kasih kepada Aidir Amin Daud yang selama hampir dua tahun ini menjabat sebagai Plt. Dirjen KI.

"Saya mengapresiasi Ditjen KI selama berada di bawah kepemimpinan Plt. Dirjen KI yang cukup banyak melahirkan inovasi dan membuat terobosan percepatan dalam hal pelayanan KI," tutur Yasonna Laoly.

(rzp/csp)

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar