Menkes Nila Imbau Pejabat Kemenkes Lapor Kekayaan ke KPK

Menkes Nila Imbau Pejabat Kemenkes Lapor Kekayaan ke KPK

Foto/dtc

Jumat, 9 Januari 2015 | 18:05

detikNews - Jakarta, Menteri Kesehatan Nila Moeloek meminta jajaran pejabat di Kementerian Kesehatan melaporkan kekayaan ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) sebagai bentuk komitmen antikorupsi. 

Nila memberi sambutan dalam acara penandatangan komitmen untuk penyelanggaraan pembangunan kesehatan yang bersih dari korupsi, di Gedung Kemenkes, Jalan Rasuna Said, Jakarta Selatan, Jumat (9/1/2015). Ia mengawalinya dengan menceritakan pengalamannya saat pertama kali melaporkan kekayaan ke KPK.

"Waktu pertama saya mendapat amanah kerja di sini (sebagai Menkes), saya diminta KPK sampaikan LHKPN (Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara). Saya ditakut-takuti wartawan, 'Ibu kok masih belum kasih LHKPN'. Akhirnya saya enggak berani ke KPK karena saya takut nanti dikira ada apa-apa," kisah Nila.

Nila lanjut berkisah, akhirnya saat itu dirinya terpaksa memanggil pihak KPK untuk datang membantunya mengisi formulir LHKPN.

"Ternyata Menkes adalah yang pertama (menyetor LHKPN-red). Mungkin itu karena dibantu oleh KPK atau karena kekayaan saya juga enggak banyak, hanya sedikit," canda Nila di depan penasihat KPK Suwarsono dan ratusan pejabat Dinas Kesehatan yang hadir.

Nila melanjutkan, dia sudah memberikan contoh. Makanya, ia meminta seluruh jajarannya juga melakukan hal yang sama. Upaya itu dianggapnya sebagai bentuk sikap dan semangat untuk menjunjung antikorupsi.

"Saya tahu KPK melakukan itu bukan untuk negatif, tapi preventif. Saya minta seluruh jajaran juga melakukannya. Mari wujudkan integritas individu, integritas organisasi agar terhindar dari masalah hukum," jelas istri mantan Menkes Faried Anfasa Moeloek itu. (ros)

Berita Terkait :

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar