Menilik Indahnya Kampung Warna-Warni di Kota Medan

Menilik Indahnya Kampung Warna-Warni di Kota Medan

Kampung warna-warni di Medan.

(jw/rzd)

Minggu, 23 Desember 2018 | 20:00

Analisadaily (Medan) – Pemandangan berbeda akan Anda rasakan ketika melintas ataupun berkunjung ke Kecamatan Medan Maimun, Kota Medan. Sebab, di dua kelurahan yang berada di kecamatan ini ‘disulap’ menjadi kampong warna-warni.

Dua kelurahan itu adalah Hamdan dan Sukaraja. Tentunya, kedua kelurahan yang berada di bantaran Sungai Deli ini dapat menjadi destinasi wisata baru bagi Anda yang ingin menikmati suasana perkampungan warna-warni atau hanya sekadar berfoto.

Diubahnya Kelurahan Hamdan dan Sukaraja menjadi kampung warna-warni berdasarkan Program Pemberdayaan Masyarakat yang dilakukan oleh PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) 1. Tujuannya, penataan dan pembangunan daerah aliran Sungai Deli.

Direktur SDM Pelindo 1, M. Hamied Wijaya mengatakan, Kelurahan Hamdan dan Sukaraja akan menjadi kampung binaan pihaknya. Di sana mereka melakukan penataan lingkungan, pengecatan rumah, pembangunan perpustakaan, pemeriksaan kesehatan, dan pemberdayaan masyarakat.

"Ke depannya, akan disediakan tempat-tempat menarik yang dapat dijadikan destinasi wisata bagi masyarakat," katanya, Minggu (23/12).

Hamied mengungkapkan, kegiatan tersebut merupakan Padat Karya Tunai yang mengusahakan perbaikan lingkungan dan kesejahteraan masyarakat, yaitu melalui pemberdayaan masyarakat setempat untuk lebih produktif membangun daerahnya.

"Kami bekerja sama dengan berbagai komunitas akan mengembangkan Kelurahan Hamdan dan Sukaraja. Nantinya kelurahan ini akan menjadi destinasi wisata yang dilengkapi dengan spot-spot selfie kekinian, dan tentunya menarik ketertarikan masyarakat," ungkapnya.

Kampung warna-warni di Medan. (jw)

Kampung warna-warni di Medan. (jw)

Wujud Nyata Membangun Negeri

Untuk jangka menengahnya, mereka menginginkan Kelurahan Hamdan dan Sukaraja berubah seperti kampong yang berada di aliran Sungai Code, yang ada di Kota Yogyakarta, atau seperti kampung warna-warni di Malang.

"Program ini menjadi salah satu wujud nyata kita membangun negeri," tandasnya.

(jw/rzd)

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar