Menhub Melakukan Pendidikan Terhadap 100 Petugas Syahbandar Danau Toba

Menhub Melakukan Pendidikan Terhadap 100 Petugas Syahbandar Danau Toba

Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi

(jw/eal)

Kamis, 5 Juli 2018 | 13:59

Analisadaily (Medan) - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Republik Indonesia terus melakukan pembenahan terhadap pelayaran di Danau Toba dengan melakukan pendidikan terhadap 100 orang yang akan dijadikan petugas Syahbandar di seluruh pelabuhan yang ada di kawasan Danau Toba.

Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi mengatakan, sudah saatnya Pemerintah Indonesia hadir langsung ke Danau Toba untuk melakukan penataan pelayaran di kawasan tersebut sehingga insiden tenggelamnya KM Sinar Bangun tidak terulang kembali.

"Penataan terus kami lakukan. Kami juga akan melakukan pendidikan bagi warga-warga di Danau Toba, hari ini saya akan membuka kursus untuk 100 orang safety dan kesyahbandaran," kata Menhub di Medan, Kamis (5/7).

Budi menjelaskan, kejadian tenggelamnya KM Sinar Bangun di perairan Danau Toba, pihak Kemenhub berkoordinasi dengan Mendagri dan Menpan RB untuk resolusi organisasi atau menambah petugas pengawas langsung dilakukan dari pemerintah pusat untuk pelayaran di Danau Toba.

"Saya pikir operasional bisa dilakukan provinsi dan kabupaten. Untuk kompetensi pengawasan akan dilakukan dari pusat," jelasnya.

Sementara untuk pengawasan nantinya, Kemenhub akan bekerjasama dengan TNI-Polri. Dimana, pihaknya akan melakukan pengelolaan pelayaran di Danau Toba dengan dilakukan standar operasional pelayaran.

"Untuk pengelolaannya harus sesuai dengan amanah undang-undang yang mengutamakan keselamatan. Oleh karena itu, kita melakukan kroscek, kita juga melakukan penelitian tentang hal-hal memenuhi safety seperti Life Jeket dan sebagainya," ungkap Menhub.

Untuk diketahui bahwa sampai pencarian dihentikan, tim SAR gabungan baru berhasil mengevakuasi 24 orang. 21 orang berhasil dievakuasi dalam keadaan selamat dan 3 orang dalam keadaan meninggal dunia. Sementara 164 orang masih dinyatakan hilang di Danau Toba.

(jw/eal)

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar