Mendagri Beri Sanksi Tegas Kepada ASN Perpanjang Libur Lebaran

Mendagri Beri Sanksi Tegas Kepada ASN Perpanjang Libur Lebaran

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo (Puspem Kemendagri)

(rel/rzd)

Selasa, 11 Juni 2019 | 13:03

Analisadaily (Jakarta) - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo menyebut, kedisiplinan merupakan kunci dalam etos kerja. Hal ini dikatakannya saat menghadiri apel halal bihalal di kantor BPSDM Kementerian Dalam Negeri, Jalan Taman Makam Pahlawan, Nomor 8, Kalibata, Jakarta Selatan.

"Saya, Pak Sekjen dan Pak Sekretaris BNPP sepakat, disiplin adalah kata kunci utama dalam membangun etos kerja, semangat kerja dan motivasi untuk membangun kebersamaan," kata Tjahjo, Selasa (11/6).

Sebagai Kementerian yang memberikan pembinaan langsung pada Pemerintah Daerah, Kemendagri dituntut untuk memberikan contoh dalam hal kedisiplinan dalam bekerja.

Tjahjo memberikan sanksi yang tegas pada Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungannya yang dengan sengaja memperpanjang masa libur Lebaran dan tak hadir pada hari pertama kerja pasca libur. Hal tersebut dilakukan sebagai langkah mendisiplinkan para ASN di Kemendagri dan BNPP.

"Kita berikan contoh pada Pemerintah Daerah sebagai mitra kita dalam bekerja. Maka bagi yang tidak hadir pada hari pertama masuk kerja, kami berikan sanksi skorsing, pemotongan tunjangan kinerja, dan surat peringatan," tegas Tjahjo.

Tjahjo Kumolo sebagai Mendagri dan juga sebagai kepala BNPP menyebut, selain meningkatkan kedisiplinan, momen pasca Lebaran juga diharapkan mampu memangkas rutinitas, mengembangkan inovasi dan berani mengambil keputusan untuk memperpendek jalur birokrasi.

Tjahjo juga meminta jajarannya untuk mempersiapkan program tahun anggaran 2020 agar semakin efektif.

"Disiplin dan rutinitas harus selalu saya ingatkan sebagaimana arahan Bapak Presiden, memangkas rutinitas untuk membangun inovasi baru serta berani mengambil keputusan untuk memperpendek jalu birokrasi itu kata kunci utama. Maka untuk perencanaan program tahun 2020 kita persiapkan untuk mengefektifkan semua program," kata Tjahjo.

(rel/rzd)

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar