Media Berperan Penting Mengedukasi Masyarakat Perangi Hoaks

IJTI-Polda Sumut Gelar Seminar Perangi Hoaks

Media Berperan Penting Mengedukasi Masyarakat Perangi Hoaks

IJTI-Polda Sumut gelar seminar perangi hoaks. (FOTO: Istimewa)

(rel/rzd)

Senin, 31 Desember 2018 | 11:52

Analisadaily (Medan) - Ikatan Jurnalistis Televisi bersama Kepolisian Daerah Sumatera Utara, menggelar diskusi media untuk memerangi hoaks jelang Pilres dan Pileg 2019 mendatang.

Diskusi yang menghadirkan narasumber Kasubdit Penmas Polda Sumatera Utara, AKBP MP Naiggolan, pengamat media sosial, Rudianto, dan ketua IJTI Sumatera Utara, Budiman Amin Tanjung, di Garuda Plaza Hotel Jalan Sisingamangaraja Medan.

Dalam diskusi yang digelar pada 29 Desember 2018 itu, terungkap pentingnya peran media dalam mengedukasi masyarakat untuk memerangi penyebaran berita hoaks melalui media sosial.

"Untuk mendukung hal itu Polda Sumatera Utara telah membentuk Satgas Cyber Crime yang bertugas selama 24 jam memonitor peredaran berita hoaks di media sosial," kata AKBP MP Naiggolan, ditulis Analisadaily.com, Senin (31/12).

Sebelumnya Kapolda Sumatera Utara, Irjen Pol Agus Andrianto menyambut baik 
pelaksanaan diskusi media untuk memerangi hoaks jelang Pilres dan Pileg 2019.

"Ini sejalan dengan fungsi pers sebagai kontrol sosial dan sejalan dengan peran 
kepolisian dalam memerangi penyebaran berita hoaks," terangnya.

Rudianto menyatakan besarnya jumlah pengguna internet di Indonesia, khususnya di usia produktif, membuat semua pihak harus dapat bekerjasama dalam menghempang terus berkembangnya hoaks dan berita bohong.

(rel/rzd)

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar