Medan Zoo Akan Barter Hewan Dengan Kebun Bintang Ragunan

Medan Zoo Akan Barter Hewan Dengan Kebun Bintang Ragunan

Harimau di Taman Marga Satwa Medan

(jw/eal)

Rabu, 25 Juli 2018 | 17:08

Analisadaily (Medan) - Taman Marga Satwa Medan (Medan Zoo) akan menukar dua dari sembilan ekor Harimau Sumatera (Panthera Tigris Sumatrae) dengan tiga jenis hewan lainnya kepada Kebun Binatang Ragunan, Jakarta.

Direktur Utama PD Pembangunan Kota Medan, Putrama Alkhairi mengatakan, pihaknya tinggal menunggu persetujuan dari Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Sumatera Utara sambil menunggu urusan administrasi.

"Rencananya Medan Zoo akan menukar dua ekor Harimau Sumatera dengan tiga jenis hewan lain, seperti Orangutan, Burung Pelikan dan Kapibara," kata Putrama," Rabu (25/7).

Putrama menjelaskan bahwa Harimau Sumatera yang akan ditukar adalah anakan yang sudah cukup umur. Sebab, jika setiap tahunnya ada pertambahan populasi harimau, maka kondisi kandang semakin padat. Sedangkan Medan Zoo belum menambah jumlah kandang.

"Jika terus dibiarkan bertambah, berpotensi terjadi perkawinan sedarah antar harimau. Kalau kawin satu darah potensi penyakitnya tinggi," jelasnya.

Menurutnya, tidak tertutup kemungkinan pihaknya akan menitipkan hewan ke pihak swasta seperti yang pernah dilakukan ke PT. Galatta Lestarindo. Ada sepasang Harimau Sumatera yang dititipkan disana. "Alasan dititipkan karena ketiadaan kandang disini," pungkasnya.

Sebelumnya, Medan Zoo telah kedatangan penghuni baru, yakni Harimau Benggala (Panthera Tigris Bengalensis) yang melahirkan dua ekor anak pada Kamis (12/7) pekan lalu.

(jw/eal)

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar