Medan Masih Berpotensi Dilanda Hujan Lebat, Masyarakat Diimbau Waspada

Medan Masih Berpotensi Dilanda Hujan Lebat, Masyarakat Diimbau Waspada

Kondisi cuaca di Medan beberapa waktu lalu

(jw/rzd)

Jumat, 26 Juli 2019 | 17:27

Analisadaily (Medan) - Balai Besar Metereologi, Klimatologi, dan Geofisika (BBMKG) wilayah 1 Medan memperkirakan beberapa hari ke depan Kota Medan akan mengalami hujan sedang hingga lebat pada saat sore dan malam hari. BBMKG juga mengimbau kepada masyarakat waspada.

"Untuk beberapa hari ke depan, umumnya Medan menjelang sore hingga malam berpotensi mengalami hujan dengan intensitas sedang hingga lebat," kata Kepala Bidang Informasi dan Data BMKG Wilayah I Medan, Syahnan, Jumat (26/7).

Syahnan menjelaskan, secara umum di daerah Sumatera Utara (Sumut) masih mengalami musim kemarau. Namun, sebagian wilayah juga mengalami hujan lokal.

"Hal ini karena faktor regional. Untuk wilayah Indonesia bagian Barat, terutama di Sumut, memang masih terdapat pertemuan angin, pertemuan massa udara, dan belokan angin, sehingga udara basah itu masih bertumpuk di Indonesia bagian Barat. Sehingga sering terjadi hujan lokal," jelasnya.

Sementara di daerah pinggir pantai, selama dua hari ke depan masih berpotensi hujan karena adanya pertumbuhan awan-awan hujan seperti Pantai Timur Sumatera yang tidak terlalu besar potensi hujannya.

"Tapi, untuk di daerah pantai Barat, potensi hujan masih besar," terang Syahnan.

Oleh karena itu BBMKG mengimbau kepada masyarakat, baik yang berada di perkotaan dan di daerah pegunungan untuk selalu mewaspadai hujan.

"Untuk masyarakat di kota selalu waspada, terutama yang berada di daerah bantaran sungai, mengingat curah hujan di pegunungan beberapa hari ke depan cukup tinggi. Sementara, untuk masyarakat di daerah pegunungan selalu waspada terhadap tanah longsor," imbau Syahnan.

Dari update peringatan dini cuaca Sumut oleh BBMKG, pukul 15.00 WIB, berpotensi terjadi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang pada pukul 15.30 WIB di Langkat, Deli Serdang, Karo, Simalungun.

Kondisi tersebut dapat meluas ke wilayah Binjai, Medan, Tebing Tinggi, Pematang Siantar, Samosir, Tobasa dan sekitarnya. Kondisi ini diperkirakan masih akan berlangsung hingga pukul 18.30 WIB.

(jw/rzd)

Berita Terkait :

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar