Masyarakat Keluhkan Minimnya Petunjuk Pengurusan e-KTP

Masyarakat Keluhkan Minimnya Petunjuk Pengurusan e-KTP

Pengurusan e-KTP di Gedung Serbaguna Pemprovsu, Selasa (4/12)

(jw/eal)

Selasa, 4 Desember 2018 | 18:50

Analisadaily (Medan) - Membludaknya masyarakat yang datang mengurus Kartu Tanda Penduduk Elektronik (e-KTP) pada program Gerakan Indonesia Sadar Administrasi Kependudukan (GISA) di Gedung Serbaguna Pemerintah Sumatera Utara, Jalan William Iskandar, Medan, membuat petugas kewalahan.

Selain petugas yang terlihat kewalahan, minimnya petunjuk bagi masyarakat dalam pengurusan e-KTP juga mengakibatkan antrean panjang pada masing-masing stand yang ada.

Salah seorang masyarakat, Rika boru Simamora (42), warga Marendal, Kecamatan Medan Amplas, yang datang bersama suami dan anaknya, mengeluhkan minimnya pengarahan dari petugas terkait prosedur pengurusan.

"Dari semalam saya sudah datang untuk ngurus e-KTP kami, tapi karena KTP suami saya hilang kami disuruh pulang untuk mengurus surat dari kepolisian. Dan hari ini kami urus," kata Rika, Selasa (4/12).

"Udah datang dari tadi kami, tapi belum juga kelar-kelar karena ramainya masyarakat," sambung Rika.

Rika berharap kepada petugas agar memberikan informasi kepada mereka bagaimana prosedur sebenarnya. Apalagi sebagai masyarakat yang awam, dirinya minim pemahaman terkait persyaratan untuk melengkapi berkas pengurusan administrasi kependudukan.

"Kami sampai disini bingung enggak tau mau ngurus kemana, setelah isi formulir kami ke stand yang satu di suruh ke stand lain. Sementara orang ramai dan berdesak-desakan," ungkapnya.

Sementara Mukhlis yang tinggal di Jalan Brigjen Katamso, Kecamatan Medan Maimun, mengeluhkan keterbatasan petugas yang melayani pengurusan e-KTP.

"Masyarakatnya ramai, sementara petugas minim. Belum lagi masyarakat yang mau duluan. Semua berdesak-desakan," ucapnya.

Untuk diketahui, dalam pengurusan e-KTP masyarakat yang hadir berasal dari berbagai kabupaten/kota di Sumatera Utara. Meja yang di sediakan panitia tampak padat oleh masyarakat yang mengantre untuk mendaftarkan diri mencetak Kartu Tanda Penduduk.

GISA merupakan program unggulan dari Gubernur Sumatera Utara, Edy Rahmayadi, dalam mempermudah pengurusan administrasi kependudukan masyarakat.

Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Provinsi Sumatera Utara, M. Ismael P Sinaga, menuturkan bahwa pembuatan e-KTP telah dimulai sejak Senin (3/12) kemarin.

"Kita sudah mulai dari semalam sampai tanggal 6 Desember nanti. Target kita setiap hari ada sekitar 10 ribu penduduk yang akan dilayani. Pada hari pertama sudah mencapai angka 10 ribu," tuturnya.

(jw/eal)

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar