Masyarakat Indonesia Berobat ke Malaysia Terus Meningkat

Masyarakat Indonesia Berobat ke Malaysia Terus Meningkat

Malaysia Healthcare Travel Council, Nik Yazmin Nik Azman, dalam acara AirAsia Travel Fair di Mall Centre Point, Medan, Jumat (19/7)

(rzp/eal)

Jumat, 19 Juli 2019 | 19:34

Analisadaily (Medan) - Jumlah pasien asal Indonesia yang berobat ke Malaysia setiap tahun terus meningkat. Pada tahun 2018, Malaysia Healthcare telah melayani lebih dari 1,2 juta wisatawan medis, sebuah peningkatan sebesar 14% dibandingkan tahun 2017.

"Di tahun yang sama, jumlah pasien asal Indonesia meningkat 11% dibandingkan dengan tahun sebelumnya," kata Malaysia Healthcare Travel Council, Nik Yazmin Nik Azman, dalam acara AirAsia Travel Fair di Mall Centre Point, Medan, Jumat (19/7).

Dijelaskan Yasmin, peningkatan jumlah pasien dikarenakan Malaysia menawarkan layanan kesehatan yang terjangkau dengan kualitas dunia bagi para wisatawan medis. Malaysia juga memiliki 200 rumah sakit swasta, 73 di antaranya terdaftar sebagai anggota Malaysia Healthcare.

"Rumah sakitnya dilengkapi dengan berbagai layanan kesehatan kualitas terpercaya, teknologi kesehatan terdepan, dan fasilitas mutakhir untuk melayani pasien dari seluruh dunia," jelasnya.

Diungkapkan Yasmin, Indonesia merupakan salah satu pasar utama dari Malaysia Healthcare. Setiap tahunnya pasien yang berasal dari kota-kota seperti Jakarta, Surabaya, dan Medan, mencari perawatan kesehatan sebagai upaya untuk melengkapi layanan kesehatan yang ditawarkan di Indonesia.

"Destinasi perawatan kesehatan di Malaysia yang paling banyak dikunjungi oleh pasien Indonesia adalah Melaka, Penang, Sarawak, Selangor dan Kuala Lumpur," ungkapnya.

Malaysia Healthcare juga memberikan Quality Care for Your Peace of Mind melalui upaya peningkatan kualitas layanan yang terus dilakukan di setiap pengalaman layanan kesehatan bagi para pasien asal Medan.

Jarak geografis yang sangat dekat antara Medan dengan Malaysia, dan pilihan rute penerbangan langsung dari Medan ke Kuala Lumpur dan Pulau Penang, serta kesamaan dalam hal budaya yang dimiliki menjadi alasan masyarakat Medan melakukan perawatan dan konsultasi kesehatan di Malaysia.

Tidak hanya itu, Malaysia Healthcare juga menawarkan beragam layanan perawatan dan fasilitas kesehatan berkualitas dunia seperti kardiologi, fertilitas, onkologi, dan ortopedi hingga paket perawatan yang menarik dan terjangkau dari sejumlah fasilitas kesehatan swasta terkemuka.

Beberapa diantaranya seperti Ramsay Sime Darby Health Care, Sunfert International Fertility Centre, Genesis IVF & Women’s Specialist Centre, Penang, dan Mahkota Medical Centre.

"Kami sangat senang dapat hadir di Indonesia, semakin dekat menghadirkan beragam layanan kesehatan end-to-end yang bebas hambatan, khususnya bagi masyarakat Medan," sebut Yasmin.

Perawatan Fertilitas

Salah satu tujuan pasien asal Indonesia untuk berobat di Malaysia adalah perawatan fertilitas (kesuburan reproduksi) dengan program In Vitro Fertilization (IVF) atau bayi tabung yang merupakan salah satu layanan kesehatan unggulan di Malaysia.

Dukungan dari lima pusat fertilitas Malaysia Healthcare yang telah disertifikasi oleh Badan Akreditasi Teknologi Reproduksi dari Australia semakin meyakinkan langkah Malaysia untuk menjadi Pusat Kesuburan Reproduksi di Asia.

"Kemajuan perawatan program IVF di Malaysia didukung oleh sejumlah rumah sakit yang memiliki klinik khusus kesuburan atau fertility center," tambah Yazmin.

(rzp/eal)

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar