Massa Aksi di Kantor Bawaslu Sumut Sempat Memanas

Massa Aksi di Kantor Bawaslu Sumut Sempat Memanas

Massa berkumpul di sekitar Kantor Bawaslu Sumut, Jumat (10/5)

(jw/eal)

Jumat, 10 Mei 2019 | 17:52

Analisadaily (Medan) - Aksi unjuk rasa yang dilakukan masyarakat dari berbagai elemen di Kantor Bawaslu Sumatera Utara, Jalan Adam Malik, Medan, sempat memanas, Jumat (10/5) sore.

Pantauan Analisadaily.com, massa yang tergabung dalam Solidaritas Rakyat Anti Makar (SERAM) menyebar di sekitar Kantor Bawaslu Sumut. Bahkan sebagian dari mereka menduduki tugu Adipura yang berada di persimpangan Jalan Adam Malik dan Jalan Tengku Amir Hamzah.

Massa aksi juga mengenakan pita merah putih yang diikatkan di kepala. Mereka berkumpul di depan Kantor Bawaslu Sumut sambil melakukan orasi.

"Mari kita kawal KPU dan Bawaslu," ucap salah seorang koordinator aksi, Junhaidal.

Namun beberapa saat kemudian ada satu ormas yang juga melakukan aksi unjuk rasa menuju Kantor Bawaslu Sumut.

Para pengunjuk rasa yang lebih dulu berada di kawasan tugu Adipura langsung bergegas membawa bambu dan tongkat kayu untuk menghadang pendemo yang datang dari arah Jalan Adam Malik.

Dengan sigap petugas kepolisian langsung menghadang massa yang berada di kawasan tugu Adipura agar tidak terjadi bentrokan antar massa aksi.

Sejumlah kendaraan taktis sudah disiapkan di sekitar Kantor Bawaslu Sumut. Mulai dari mobil meriam air, mobil barrier yang mengangkut kawat berduri dan sejumlah mobil patroli.

Gesekan antar massa aksi akhirnya reda setelah pihak kepolisian mengamankan massa yang membawa bambu dan kayu.

Massa aksi di Kantor Bawaslu Sumut, Jumat (10/5)

Massa aksi di Kantor Bawaslu Sumut, Jumat (10/5)

Kapolrestabes Medan, Kombes Pol. Dadang Hartanto, yang ditemui di lokasi mengatakan, pihaknya menyiapkan 1.500 personel yang disebar ke sejumlah titik untuk mengamankan proses rekapitulasi suara usai Pemilu 2019.

"Ada tiga titik yang menjadi pengamanan yakni Bawaslu Sumut, KPU Sumut dan Hotel JW Marriott," pungkas Dadang.

(jw/eal)

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar