Masih Banyak TKI yang Tidak Memiliki Dokumen Resmi

Masih Banyak TKI yang Tidak Memiliki Dokumen Resmi

Anggota DPD RI, Parlindungan Purba, Jumat (22/1)

(jw/eal)

Jumat, 22 Januari 2016 | 15:37

Analisadaily (Medan) - Banyak masyarakat Indonesia yang kesulitan mendapat lapangan kerja di negara sendiri. Hal itulah yang kemudian membuat mereka memilih keluar negeri untuk mencari pekerjaan.

Negara tujuan yang paling banyak didatangi TKI adalah Malaysia. Tujuan mereka pergi ke sana pada umumnya hanya untuk menjadi pembantu rumah tangga, pekerja pabrik atau perkebunan.

Menurut anggota DPD RI asal Sumatera Utara, Parlindungan Purba, banyak WNI yang bekerja di luar negeri namun tidak dilengkapi dengan dokumen resmi.

"Masalah tenaga kerja tidak akan selesai selama pencari kerja tidak terinformasi dengan baik dan tidak mempunyai dokumen yang resmi," ucapnya.

Apalagi saat ini, sudah diterbitkan JP visa, yakni visa yang diberikan pemerintah Malaysia kepada pekerja yang datang ke negara mereka untuk bekerja di sana.

Seorang pekerja yang hanya membawa passport dan tidak membawa visa kerja, bisa memiliki dokumen resmi melalui JP visa.

"Seharusnya kedua pemerintah harus menyelesaikan masalah ini," tambah Parlindungan di sela kunjungannya ke Pasar Petisah, Jumat (22/1).

Ia menambahkan, setiap harinya ada 50-100 orang dari Indonesia yang berangkat keluar negeri untuk mencari pekerjaan tanpa menggunakan visa kerja, karena banyak mafia-mafia ilegal yang menampung mereka untuk dipekerjakan di sana.

"Saya berharap, pemerintah harus menangkap mafia-mafia ilegal ini. Jangan hanya Pelayanan Jasa Tenaga Kerja Indonesia (PJTKI) yang disalahkan, tetapi pemerintah harus memberikan informasi yang jelas kepada pekerja yang hendak bekerja di luar negeri agar masyarakat melek terhadap informasi yang jelas."

(jw/eal)

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar