Masih 83 Persen Warga Sumut Lakukan Perekaman e-KTP

Masih 83 Persen Warga Sumut Lakukan Perekaman e-KTP

Kabid Fasilitasi Pendaftaran Penduduk Disdukcapil Sumut, Edi Sampurna Rambe

(aa/eal)

Selasa, 14 November 2017 | 21:27

Analisadaily (Medan) - Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tjahjo Kumolo, beberapa waktu lalu mendesak Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil), tingkat provinsi dan kabupaten/kota agar segera menyelesaikan perekaman KTP elektronik (e-KTP) hingga 100% sampai akhir tahun ini.

Menanggapi hal itu, Disdukcapil Sumatera Utara menyatakan, sudah 83% masyarakat yang melakukan perekaman e-KTP dari sekitar 10,2 juta warga Sumut yang wajib KTP.

"Hingga saat ini kami terus mengebut perekaman e-KTP untuk mencapai target yang telah ditetapkan," kata Kabid Fasilitasi Pendaftaran Penduduk Disdukcapil Sumut, Edi Sampurna Rambe, Selasa (14/11).

Edi mengaku tidak tahu persis presentase kabupaten/kota di Sumut yang belum melakukan perekaman e-KTP. Namun ia mengatakan, mayoritas terdapat di daerah yang banyak penduduknya.

Untuk mencapai target 100% sampai akhir tahun, Disdukcapil Sumut terus menginstruksikan Disdukcapil kabupaten/kota se-Sumut agar jemput bola lebih giat lagi kepada masyarakat yang belum melakukan perekaman e-KTP.

Akan tetapi, Edi menjelaskan, banyak kendala yang dihadapi pihaknya di lapangan terutama terbatasnya alat akibat rusak. Meski demikian, pihaknya tetap optimis mencapai target nasional tersebut.

"Karena target itu tentu alat harus diperbaiki dan peralatan itu sebagian sudah diperbaiki oleh Kemendagri yang turun langsung ke kabupaten/kota," tandasnya.

(aa/eal)

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar