Mantan Bupati Tapanuli Tengah Divonis Bebas

Mantan Bupati Tapanuli Tengah Divonis Bebas

Persidangan di PN Medan.

(jw/rzd)

Selasa, 5 Maret 2019 | 18:55

Analisadaily (Medan) - Ketua majelis hakim Saryana memvonis bebas mantan Bupati Tapanuli Tengah (Tapteng), Sukran Jamilan Tanjung (51), karena dinyatakan tidak bersalah dalam perkara dugaan penipuan.

Sementara kerabat Sukran, Amirsyah Tanjung (43), didakwa dalam perkara itu dinyatakan bersalah dan dihukum 2 tahun penjara.

"Sukran dinyatakan tidak terbukti secara sah dan meyakinkan melakukan tindak pidana penipuan sebagaimana didakwakan. Dia divonis bebas dan hak-hak, kedudukan, harkat, serta martabatnya dipulihkan," kata hakim di Pengadilan Negeri (PN) Medan, Selasa (5/3).

Humas PN Medan, Erintuah Damanik menjelaskan, sejumlah fakta persidangan menjadi pertimbangan majelis hakim memutuskan Sukran tidak bersalah. Saksi korban tidak pernah bertemu Sukron dan saksi Sukron tidak pernah menjelaskan adanya sesuatu proyek.

"Di persidangan, baik Sukron maupun Amiruddin, membantah menjanjikan proyek kepada saksi korban," jelasnya.

Untuk Amirsyah, dirinya terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan tindak pidana penipuan dan dijatuhi hukuman 2 tahun penjara karena terbukti menerima uang dari korban.

Untuk diketahui, dalam dakwaan disebutkan, kedua terdakwa melakukan penipuan dengan menjanjikan pengerjaan proyek konstruksi senilai Rp 5 miliar di Sibolga terhadap saksi Yosua Marudut Tua Habeahan.

Sebelum proyek tersebut dikerjakan, terdakwa terlebih dahulu meminta transfer uang kepada Yosua sebesar Rp 450 juta, dengan harapan akan diberikan sejumlah proyek. Setelah ditransfer, ternyata proyek yang telah dijanjikan tidak ada.

Kemudian korban melaporkan kasus tersebut ke Polda Sumut pada 30 april 2018 dengan nomor LP 546/IV/2018/ SPKT III.

(jw/rzd)

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar