Manfaatkan Platform E-Learn.id Untuk Tingkatkan Mutu Pendidikan

Manfaatkan Platform E-Learn.id Untuk Tingkatkan Mutu Pendidikan

XL Axiata kerja sama dengan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Andalas (FISIP UNAND), Padang, Sumatera Barat, Kamis (22/8)

Kamis, 22 Agustus 2019 | 18:36

Analisadaily (Padang) - XL Axiata kerja sama dengan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Andalas (FISIP UNAND), Padang, Sumatera Barat, tingkatkan mutu pendidikan.

Melalui kerja sama ini, mahasiswa UNAND bisa memanfaatkan platform belajar online E-Learn.id yang dimiliki XL Axiata sebagai sarana belajar mereka.

Nota kesepakatan kerja sama ditandatangani Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Alfan Miko, dan Group Head Corporate Communication XL Axiata, Tri Wahyuningsih.

"Kami terbuka bagi siapa saja, termasuk perguruan tinggi jika hendak memanfaatkan E-Learn.id. tujuan kami membangun plarform belajar untuk mempermudah generasi muda mengakses materi belajar, guna meningkatkan kompensi mereka di era digital," kata Tri, Kamis (22/8).

Alfan Miko berharap kerja sama ini dapat memperkuat posisi FISIP UNAND sebagai salah satu kampus yang telah memulai memanfaatkan teknologi digital untuk proses belajar mengajar mahasiswa dan para pengajar.

"Dengan memanfaatkan platform E-Learn.id ini diharapkan para mahasiswa dapat menambah wawasan, terutama yang terkait soft skills dan hal lain yang dapat menunjang kebutuhan akademis," sebutnya.

Kerja sama pemanfaatan E-Learn.id ini akan berlangsung selama dua tahun yang bisa diperpanjang. Pihak UNAND akan mengenalkan platform belajar online ini kepada para mahasiswanya.

Untuk bisa secara maksimal memanfaatkan semua materi belajar dalam platform digital ini, kedua pihak juga akan menyelenggarakan pelatihan kepada mahasiswa dan dosen.

Pelatihan pertama untuk para dosen telah diberikan pada Selasa, 20 Agustus 2019 lalu dan pelatihan untuk mahasiswa dilakukan pada Kamis, 22 Agustus 2019.

Selanjutnya, XL Axiata akan memberikan sertifikat kelulusan kepada mahasiswa UNAND yang telah berhasil menyelesaikan semua modul belajar. Untuk tahap awal, modul belajar E-Learn.id diterapkan di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik.

Head Sustainability & Internal Communication, Andy Satrio Yuddho menyampaikan, E-Learn telah hadir sebagai platform belajar online Indonesia sejak 2014, menjadi bagian dari program XL Future Leaders yang diselenggarakan XL Axiata.

Sejak saat itu, E-Learn telah menjadi satu-satunya platform kursus online yang dapat diakses oleh setiap anak muda Indonesia. Di platform ini, mereka bisa mendapatkan modul belajar berbagai keahlian atau soft skills secara gratis.

Metode pembelajaran yang diterapkan di E-Learn mengkombinasikan antara video interaktif dan tulisan/bacaan. Untuk mempermudah proses belajar, seluruh materi kursus E-Learn menggunakan Bahasa Indonesia.

Hingga saat ini, sebanyak lebih dari 35 ribu user telah memanfaatkan berbagai modul belajar di E-Learn.id. Total ada 25 modul keahlian yang tersedia, yang disampaikan oleh mereka yang ahli dan terbaik di bidangnya, baik dari fasilitator XL Future Leaders program, maupun juga mitra-mitra E-Learn.

Kursus E-Learn disesuaikan dengan kebutuhan generasi Millennial Indonesia, di mana materi pembelajaran difokuskan pada keahlian yang bisa mendukung para pengguna dalam mempersiapkan diri memasuki dunia profesional era digital.

"Website E-Learn dapat diakses menggunakan bandwidth minimal kapan saja dan di mana saja menggunakan smartphone, maupun laptop atau PC," terangnya.

Seleksi XL Future Leaders

Di Universitas Andalas juga telah dilakukan seleksi XL Future Leaders (XLFL) angkatan ke-8 pada 21 Agustus lalu. Sebanyak 24 peserta mengikuti seleksi ini.

Seiring dengan terus meningkatnya popularitas program XLFL, jumlah mahasiswa asal Sumatera yang mampu menembus seleksi XLFL juga terus meningkat.

Tahun ini tidak kurang dari 250 mahasiswa telah mengikuti seleksi di seluruh Sumatera. Selain di Padang, seleksi di Sumatera juga akan dilaksanakan di Medan dan Banda Aceh.

Group Head XL Axiata West Region, Francky Rinaldo Pakpahan mengatakan, saat ini semakin banyak mahasiswa yang mengikuti XL Future Leaders.

Selain kurikulum yang menarik dan fasilitas yang diberikan, XL Future Leaders telah juga telah memberikan manfaat langsung bagi mahasiswa yang mengikuti program ini, sehingga program XL Future Leaders semakin dikenal luas oleh mahasiswa Sumatera.

Secara nasional, jumlah mahasiswa yang mendaftar program XLFL tahun ini tembus 17 ribu. Jumlah ini lebih tinggi dari tahun lalu yang sekitar 16 ribu mahasiswa.

"Ini menunjukkan program XLFL semakin dikenal luas oleh mahasiswa Indonesia, termasuk manfaat yang diberikan," tandasnya.

Berita Terkait :

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar