Mahasiswa USU Bersaing Dalam Kompetisi Inovasi di Korea Selatan

Mahasiswa USU Bersaing Dalam Kompetisi Inovasi di Korea Selatan

Tiga mahasiswa Universitas Sumatera Utara (USU) yaitu Muheri Indra Aja Nasution, Muhammad Dava Warsyahdhana, Hermansyah Lubis, usai presentasi di ajang WIC, di Korea Selatan.

(rel/rzd)

Sabtu, 15 Juni 2019 | 21:02

Analisadaily (Medan) - Tiga mahasiswa Universitas Sumatera Utara (USU) yang tergabung dalam Seloae Squad sedang mengikuti kompetisi World Invention Innovation Contest (WIC) di Korea Selatan.

Dalam kompetisi tersebut, ketiga mahasiswa yang terdiri dari Muheri Indra Aja Nasution, Muhammad Dava Warsyahdhana, Hermansyah Lubis membawa produk inovasi mereka yaitu Serum Probiotic Drink.

“Produk yang kami berinama Gajura S.Pd tersebut mengikuti perlombaan di kategori food and health di WIC tersebut,” ujar Ketua Tim, Muheri Indra Aja Nasution, Sabtu (15/6).

Gajura S.Pd merupakan minuman probiotik khas Indonesia, karena menggunakan teknik fermentasi dalam tabung bambu dengan bahan baku susu kerbau, gula daun stevia, dan bakteri Lactobacillus plantarum.

“Untuk produk inovasi tersebut, kami melakukan penelitian selama tiga bulan dan sebelumnya dari segi penelitian pernah mendapatkan juara 1 di Institut Pertanian Bogor (IPB) dan dari segi bussiness plan juara 3 di Universitas Andalas (Unand),” jelasnya.

Penelitian produk minuman probiotik tersebut berawal ketika ia dan kedua temannya tersebut berdiskusi bersama dosen pembimbing dan dosen pembimbing tersebut menyarankan untuk meneliti serum bagian dari Dadih.

“Kemudian kami bertiga mulai melakukan penelitian selama tiga bulan dan berhasil menjadikan serum menjadi minuman probiotik tersebut,” terangnya.

Produk tersebut juga memiliki banyak keunggulan dan manfaat, karena mengandung bakteri asam lactobacillus plantarium, dan mengandung diterpen steviol glikosida.

Oleh karena itu, produk tersebut cocok diminum oleh semua kalangan terutama penderita diabetes dan dapat menjaga saluran pencernaan serta menjaga daya tahan tubuh.

“Kami berharap dengan membawa minuman probiotik tersebut di WIC bisa mendapatkan hasil yang terbaik dan bisa membanggakan nama kampus,” tandasnya.

(rel/rzd)

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar