Lulusan Perguruan Tinggi Tak Cukup Berbekal Ijazah, Diperlukan 'Soft Skill'

Kuliah Umum dengan Tema 'Menulis Itu Mudah'

Lulusan Perguruan Tinggi Tak Cukup Berbekal Ijazah, Diperlukan 'Soft Skill'

Kuliah Umum dengan Tema 'Menulis Itu Mudah' di Polmed.

(rel/rzd)

Jumat, 15 Maret 2019 | 12:48

Analisadaily (Medan) - Program Studi (Prodi) Akuntansi D3 Politeknik Negeri Medan (Polmed) menggelar kuliah umum dengan tema ‘Menulis Itu Mudah’ di Gedung R Kampus tersebut, dengan menghadirkan nara sumber dosen ekonomi UNPRI yang juga jurnalis, Mangasi Butarbutar.

Kuliah umum diikuti mahasiswa rangking 1-5 seluruh kelas Semester IV Akuntansi D3 serta sejumlah dosen. Pelaksanaan kuliah umum dimaksudkan untuk menambah soft skill dan wawasan mahasiswa tentang bagaimana menulis secara umum, seperti tulisan ilmiah, termasuk tulisan ke media.

“Mahasiswa yang mengikuti kuliah umum diharapkan dapat memanfaatkan ilmu yang diperoleh untuk mendorong kesuksesan ke depan,” kata Ketua Prodi D3 Polmed, Yulifati Laoli, didampingi Sekretaris Prodi Akluntansi D3, Rini Indahwati, Jumat (15/3).

Mangasi dalam paparannya mengawali kunci menuju sukses, yaitu 20 persen dengan hard skill dan 80 dengan soft skill. Banyak jenis soft skill yang bisa dipelajari mahasiswa, seperti kemampuan berkomunikasi, kemampuan bekerjasama dalam tim, penggunaan teknologi informasi, mampu berbicara di depan publik.

“Termasuk menulis di media, termasuk menjaga dan menciptakan digital personal branding yang baik,” ujarnya.

Kemudian, lanjutnya, mahasiswa tidak cukup hanya punya ijazah, itu baru 20 persen. Mahasiswa harus memiliki kompetensi lain, yaitu unggul dalam hal soft skill, sehingga setelah tamat memiliki senjata menghadapi perang memperebutkan lapangan kerja, atau mampu berpikir kreatif membangun usaha sendiri.

“Tidak mungkin semua lulusan sarjana memperoleh lapangan kerja di kantoran misalnya, maka sisanya harus mampu bergerak lewat ekonomi kreatif,” ucapnya.

Mangasi menjelaskan jenis-jenis tulisan di media, dan kemudian secara lebih rinci melatih mahasiswa membuat tulisan opini, dengan menghadirkan tiga mahasiswa ke depan melatih membuat tulisan opini, dengan topik Pariwisata, Budaya dan UKM.

Mangasi Butarbutar melatih mahasiswa cara membuat pengantar sebuah opini, mengembangkan body text dan membuat penutup. Sejumlah mahasiswa mengajukan pertanyaan sehingga menambah serunya kuliah umum tersebut, antara lain Safa dari kelas Ak 4B, Resti dari Ak 4F, Firsa dari Ak 4C, Risna dari Ak 4B dan Annisa dari AK 4A.

Pertanyaan mereka tentang etika apa yang harus dipahami supaya tidak mendapatkan serangan dari pihak lain, bagaimana menentukan judul, bagaimana mendapatkan uang jika membuka blog.

Selaih dihadiri mahasiswa, sejumlah dosen juga mengikuti kuliah umum tersebut, seperti RumnasariK Siregar, Mariahati, Ratna, Jojor Lisbet Sibarani, dan Anita Putri. Usai pelaksanaan kuliah umum, sejumlah peserta foto bersama dengan dosen dan pembicara.

(rel/rzd)

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar