Lima Karakter yang Harus Dimiliki Anak Untuk Cegah Pengaruh Negatif

Lima Karakter yang Harus Dimiliki Anak Untuk Cegah Pengaruh Negatif

Masrul Badri (tengah) usai Pelatihan Pendidik Sebaya Untuk Anak dan Remaja, Selasa (20/11)

(jw/eal)

Selasa, 20 November 2018 | 15:48

Analisadaily (Medan) - Ada lima karakter yang harus dimiliki anak dalam membentuk kepribadian untuk mencegah hal negatif yang saat ini banyak mempengaruhi pola kehidupan mereka.

"Lima karakter tersebut adalah religius, nasionalis, mandiri, integritas dan gotong royong," kata Kepala Bidang (Kabid) Pendidikan Dasar Kota Medan, Masrul Badri, dalam Pelatihan Pendidik Sebaya Untuk Anak dan Remaja, Selasa (20/11).

Masrul menjelaskan bahwa sekarang ini merupakan era bebas, dimana informasi sudah tidak bisa terbendung lagi melalui internet sehingga banyak pengaruh negatif yang diterima anak-anak.

"Kita tahu sekarang ini era bebas. Informasi tidak ada sekat dan borders-nya lagi sehingga apa saja mereka terima. Banyak pengaruh negatif yang masuk sehingga karakter anak tergerus," jelasnya.

"Oleh karena itu penguatan karakter harus kembali kita lakukan. Di sekolah juga sudah diterapkan oleh guru-guru," sambung Masrul.

Menurutnya di Kota Medan karakter anak menjadi perhatian khusus mereka. Hal ini terlihat dari sekolah-sekolah di Medan yang semakin gencar dengan pengembangan karakter diri.

"Dengan terus kita terapkan lima karakter tersebut, InshaAllah hal-hal negatif yang mereka terima bisa dicegah," pungkasnya.

(jw/eal)

Berita Terkait :

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar